Rahasia Tangisan Bu Putri Candrawathi di Mako Brimob, Jangan Ditahan

Senin, 08 Agustus 2022 – 02:56 WIB
Putri Candrawathi (kanan) di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, Minggu (7/8). Foto: Antara Video - Sumber Video Fachmy Febrian

jpnn.com, DEPOK - Istri Irjen Ferdy Sambo, Putri Candrawathi tak kuasa menahan tangis saat memberikan keterangan kepada media, di depan Markas Brigade Mobil Kepolisian Negara Republik Indonesia, Kelapa Dua, Kota Depok, Jawa Barat, Minggu (7/8) malam.

Bu Putri bersama salah satu anaknya dan didampingi Arman Hanis (kuasa hukum Bu Putri dan Pak Ferdy) datang ke Markas Brimob dengan maksud hati menjenguk Ferdy Sambo.

BACA JUGA: Putri Candrawathi Datang ke Mako Brimob, Bicara Cinta Tulus kepada Irjen Ferdy Sambo

Namun, keinginan Putri Candrawathi melihat Ferdy tak kesampaian.

Sebelum beranjak dari Kelapa Dua, Bu Putri tampak berusaha menguatkan diri berbicara di depan kamera para pemburu berita.

BACA JUGA: Ada yang Aneh dari Foto Pak Ferdy Sambo dan Parfum Bu Putri Candrawathi?

"Saya Putri, bersama anak-anak, saya memercayai dan tulus mencintai suami saya," katanya.

Wajah Putri tertutup masker putih, tetapi terlihat matanya sembap dan air mata turun membasahi pipi.

BACA JUGA: Terungkap, Bharada E Ternyata Tidak Punya Motif Untuk Membunuh Brigadir J

Bu Putri menangis.

"Saya mohon doa agar kami sekeluarga dapat menjalani masa yang sulit ini, dan saya ikhlas memaafkan segala perbuatan yang kami dan keluarga (meng)alami," tutur Putri.

Mengulik Tangisan

Di balik tangisan Bu Putri itu ternyata ada sesuatu yang bermanfaat.

Menangis sejatinya bukan hal yang memalukan dan tidak perlu ditahan.

Saat sedih, marah, atau kecewa, tetesan air mata adalah hal yang lumrah dan alami.

"Tidak perlu ditutupi. Manfaat menangis tidak hanya sekadar memberikan kelegaan dan menjadi ekspresi dari emosi yang dialami, tetapi juga memiliki manfaat untuk kesehatan," bunyi artikel di SehatQ yang ditinjau oleh Giasinta Angguni Pranandhita.

"Menangislah saat Anda merasakan emosi-emosi tertentu yang memancing Anda untuk mengeluarkan air mata, karena terdapat berbagai manfaat menangis untuk kesehatan."

Ternyata menangis bermanfaat untuk kesehatan.

Mengatasi stres
Mengatasi stres adalah salah satu manfaat menangis yang umum diketahui. Manfaat menangis dalam menanggulangi stres tidak hanya karena Anda akhirnya dapat meluapkan emosi yang terpendam, tetapi berkaitan dengan kinerja tubuh Anda.

Saat Anda menangis secara emosional, air mata yang keluar dapat mengatur mood atau suasana hati. Selain itu, menangis dapat melemaskan otot yang menegang karena stres dan memicu sistem saraf parasimpatetik yang menyeimbangkan kondisi tubuh.

Mengurangi rasa sakit
Menangis dalam jangka waktu yang lama mampu mengurangi rasa sakit secara emosional dan fisik.

Hal ini disebabkan karena menangis dapat mengeluarkan hormon oksitosin dan endorfin. Hormon oksitosin dapat menenangkan dan hormon endorfin membuat tubuh merasa kebas atau tidak merasakan sakit yang dialami.

Menyeimbangkan emosi
Riset menunjukkan bahwa manfaat menangis lainnya adalah untuk menyeimbangkan emosi. Menangis membantu tubuh untuk mengatasi emosi positif atau negatif yang kuat yang dialami.

Menenangkan diri
Manfaat menangis yang juga dikenal adalah untuk menenangkan diri. Menangis mengaktivasi sistem saraf pusat parasimpatetik yang membantu tubuh untuk beristirahat. Namun, efeknya baru dapat dirasakan ketika Anda telah menangis selama beberapa menit.

Memperbaiki suasana hati
Jangan tahan tangisan yang ingin dikeluarkan, karena manfaat menangis dipercaya dapat meningkatkan mood. Ketika Anda sedang menangis, Anda akan menarik banyak napas yang cepat yang dapat mengatur dan menurunkan suhu otak.

Suhu otak yang lebih sejuk akan membuat pikiran dan tubuh lebih baik yang akhirnya dapat meningkatkan suasana hati Anda.

Membantu mengatasi kesedihan
Rasa duka karena ditinggalkan orang-orang yang dikasihi atau kehilangan sesuatu yang berharga dapat menimbulkan rasa sedih, marah, bersalah, dan kebas. Menangis merupakan salah satu proses yang perlu dialami untuk mengatasinya.

Manfaat menangis adalah untuk membantu Anda melalui rasa kehilangan dan sedih yang dialami, tetapi apabila kesedihan yang dialami berkepanjangan dan menganggu aktivitas sehari-hari, maka konsultasikanlah ke psikolog, psikiater, atau konselor.

Bu PC Tegar

Kuasa hukum Pak Ferdy & Bu Putri, Arman Hanis mengatakan Putri Candrawathi mendapat izin dari psikolog klinis untuk membesuk Ferdy Sambo.

"Alhamdulillah, Bu PC tadi diberikan izin oleh psikolog klinis. Bu PC ini tegar dan kuat untuk menjalani masa sulit," kata Arman di depan Mako Brimob.

Sang kuasa hukum juga menyebut mereka datang ke Mako Brimob membawa pakaian untuk Irjen Ferdy Sambo.

"Namun, hari ini belum sempat ketemu, belum diberikan izin. Mudah-mudahan besok," tutur Arman. (ast/jpnn)

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler