Rahmat Gobel Menduga Reshuffle Kabinet untuk Persiapan Kabinet Prabowo-Gibran

Senin, 19 Agustus 2024 – 21:57 WIB
Rahmad Gobel menduga di balik reshuffle yang menjadi hak prerogatif presiden ada motif mempersiapkan kelancaran pada Kabinet Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nanti. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua DPR RI Rahmat Gobel mengaku tidak mengetahui secara pasti alasan Jokowi melakukan reshuffle jelang purnatugas dua bulan lagi.

Namun, dia menduga di balik reshuffle yang menjadi hak prerogatif presiden ada motif mempersiapkan kelancaran pada Kabinet Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nanti.

BACA JUGA: Jokowi Reshuffle Kabinet, PDIP Soroti Ketidakhadiran Prabowo di Istana

“Bisa saja mereka yang menjadi menteri sekarang ini akan menjadi menteri kabinet yang akan datang,” kata Rahmat Gobel, Senin (19/8).

Legislator dari Fraksi Partai NasDem ini mengatakan Jokowi sebagai presiden memiliki hak prerogatif untuk memecat maupun mengangkat seseorang menjadi anak buahnya di pemerintahan.

BACA JUGA: Soal Reshuffle Kabinet, Deddy: Jokowi Sedang Bermain Politik Kotor

Terlebih, di akhir masa jabatannya ini, Jokowi perlu mewarisi pemerintahan yang baik untuk negara.

“Hak prerogatifnya presiden, kan. Ya, tentu presiden punya alasan kenapa ada pergantian menteri pada saat sekarang. Itu saja yang saya lihat,” pungkas Rahmat Gobel.

BACA JUGA: Deddy PDIP Nilai Reshuffle Jadi Babak Baru Jokowi Vs Prabowo

Presiden Joko Widodo melantik tiga menteri, dan satu wakil menteri. Pelantikan menteri dan wakil menteri baru itu berlangsung di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (19/8).

Adapun nama-nama menteri yang dilantik hari ini di antaranya Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Bahlil Lahadilia, menggantikan Arifin Tasrif.

Posisi Menteri Investasi yang ditinggal Bahlil digantikan oleh Rosan Roeslani. Rosan merupakan Ketua Tim Kampanye Nasional Prabowo-Gibran pada Pemilu 2024.

Kemudian posisi Menteri Hukum dan HAM baru dijabat oleh politikus partai Gerindra Supratman Andi Agtas menggantikan Menkumham Sebelumnya Yasonna Laoly. (tan/jpnn)

Jangan Sampai Ketinggalan Video Pilihan Redaksi ini:

BACA ARTIKEL LAINNYA... Reshuffle Kabinet 2024: Hari Ini Presiden Jokowi Melantik Menteri Baru


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler