Raih Banyak Penghargaan, Allianz Indonesia Terus Tingkatkan Kualitas Layanan

Selasa, 06 Agustus 2019 – 18:04 WIB
Pegawai PT Allianz Life Indonesia memberikan penjelasan mengenai produk perusahaan kepada nasabah. Foto: Allianz Indonesia

jpnn.com, JAKARTA - PT Allianz Life Indonesia terus berusaha meningkatkan layanan dan produk yang berkualitas untuk nasabah serta meningkatkan citra positif maupun reputasi perusahaan.

Usaha itu membuahkan hasil. Allianz Indonesia mendapat beberapa penghargaan bergengsi berkat terobosan yang dilakukan pada 2019.

BACA JUGA: Industri Asuransi Bermasalah, Pengawasan OJK Dinilai Masih Lemah

Tercatat ada lima penghargaan penting yang diraih dalam kurun waktu tersebut. Yang pertama adalah Service Quality Award 2019 untuk dua kategori.

BACA JUGA: Allianz Indonesia Raih Service Quality Award 2019

BACA JUGA: Allianz Indonesia Raih Service Quality Award 2019

Yaitu kategori Conventional Service untuk Life and Health Insurance serta kategori Digital Service untuk Life and Health Insurance.

Penghargaan ini diberikan berdasarkan survei kepuasan pelanggan Service Quality Index (SQI).

BACA JUGA: Maraknya Hoaks Bisa Ancam Reputasi Perusahaan Asuransi

Hasil penilaian menunjukkan Allianz Indonesia menjadi salah satu perusahaan yang mempunyai nilai SQI tertinggi dan di atas rata-rata nilai industri dengan kategori Diamond.

Hasil survei SQI ini selaras dengan pengukuran kepuasan nasabah Net Promotor Score yang secara teratur dilakukan oleh Allianz Life Indonesia setiap tahun terhadap 39 titik area pelayanan nasabah.

Selama tiga tahun berturut-turut sejak 2016 hingga 2018 tingkat kepuasan nasabah melalui nilai NPS yang diperoleh Allianz Life Indonesia terus meningkat dan di atas rata-rata industri asuransi.

Tingkat kepuasan nasabah terhadap layanan Allianz terus membaik. Hal itu ditandai dengan berkurangnya jumlah keluhan pada kuartal kedua 2019 sebanyak 48 persen dibandingkan dengan periode yang sama pada 2018.

Penggunaan eAZy Claim meningkat 25 persen dibandingkan pada 2018. Tingkat kepuasan nasabah terhadap pelayanan agen Allianz pada penilaian NPS menunjukkan peningkatkan sebesar 32 poin per 2018.

Chief Operating Officer Allianz Life Indonesia Alessandro Martirani mengatakan, pihaknya menggunakan feedback nasabah dari hasil penilaian NPS sebagai dasar untuk melakukan pelayanan yang unggul dan sebagai insight untuk customer touch points.

“Kami mendengarkan pelanggan kami dan meningkatkan layanan berdasarkan hal tersebut,” kata Martirani, Selasa (6/8).

Penghargaan selanjutnya adalah Corporate Image Award 2019 dari majalah Marketing & lembaga survey Frontier.

Penghargaan itu berdasarkan pengukuran terhadap empat dimensi, yakni quality, performance, responsibility dan attractiveness.

Hasil penilaian untuk Kategori Total Asset di atas Rp 20 triliun, PT Asuransi Allianz Life Indonesia menjadi salah satu perusahaan yang berhasil meningkatkan corporate image index (CII) di atas satu.

Chief Partnership Distribution Officer Bianto Surodjo menjelaskan, pihaknya menyadari bahwa customer centricity akan memberikan pengalaman positif bagi nasabah dalam mempertahankan posisi perusahaan di pasar dan mendapatkan keunggulan kompetitif.

“Customer centricity tidak hanya membantu Allianz membangun kepercayaan dan loyalitas nasabah, tetapi juga reputasi yang kuat,” kata Bianto.

Penghargaan lain diperoleh Allianz Indonesia di ajang Indonesia Corporate PR Award 2019 dari Warta Ekonomi.

Penilaian dilakukan terhadap media monitoring/pemberitaan perusahaan atas lima aspek meliputi ekspansi bisnis, kegiatan sosial perusahaan, operasional ramah lingkungan, inovasi perusahaan dan kinerja bisnis.

Hasilnya menunjukkan pemberitaan Allianz Life Indonesia memenuhi semua aspek tersebut dan menduduki peringkat pertama untuk kategori Top 3 Perusahaan Asuransi Jiwa Terpopuler 2019.

Hal ini juga sesuai dengan hasil Market Metrix Report 2018 yang mana Allianz Life Indonesia menunjukkan hasil di atas rata-rata industri dan secara stabil menjadi top brands untuk power in the mind (PIM).

Allianz Indonesia juga termasuk dalam daftar asuransi di Indonesia yang menjadi penerima Anugerah Produk Keuangan Terbaik 2019 dari Warta Ekonomi.

Ada empat indikator utama yang menjadi penilaian dalam menetukan produk terbaik.

Yakni, awareness produk keuangan, brand used most often, brand satisfaction dan net promoter score.

“Semua penghargaan yang diperoleh Allianz Indonesia ini menjadi penyemangat dan landasan bagi seluruh manajemen dan karyawan untuk terus mempertahankan dan meningkatkan kinerja serta memberikan yang terbaik bagi nasabah,” kata Bianto. (jos/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Allianz Life Indonesia Kejar Pertumbuhan Premi 9 Persen


Redaktur & Reporter : Ragil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler