Raih Beragam Manfaat dengan Minum Air yang Cukup

Selasa, 02 Oktober 2018 – 20:21 WIB
Air putih. Foto: Pixabay

jpnn.com - Minum air yang cukup penting untuk berfungsinya organ tubuh. Dehidrasi, disebabkan oleh asupan cairan yang tidak memadai, sering menghasilkan perubahan yang nyata untuk memberi tahu Anda bahwa Anda harus minum segelas air.

Sementara aturan "delapan gelas sehari" sangat populer, tingkat asupan yang ideal sebenarnya bervariasi berdasarkan individu.

BACA JUGA: Cegah Kebiasaan Terlalu Banyak Minum

Berikut ini adalah beberapa perubahan yang bisa Anda harapkan untuk dilihat setelah Anda memulai kebiasaan sehari-hari minum cukup air.

1. Warna urin Anda berubah

BACA JUGA: Terlalu Banyak Minum Air Putih Membahayakan Kesehatan?

Warna urine adalah indikator yang baik untuk mengetahui apakah Anda minum cukup air setiap hari. Warna kuning yang sangat pucat adalah berita baik, menunjukkan bahwa asupan air Anda pada tingkat yang sehat. Kuning biasa atau warna kuning gelap adalah tanda-tanda bahwa tubuh Anda merasa dehidrasi.

Jika urin Anda berwarna transparan dan tidak memiliki warna sama sekali, Anda mungkin terlalu banyak minum air dan harus mencoba mengurangi asupan Anda.

BACA JUGA: Kapan Bayi Boleh Minum Air Putih?

2. Tubuh Anda berhenti mendambakan kalori kosong

"Kadang-kadang, tubuh kita salah mengartikan rasa haus sebagai tanda kelaparan," kata Dr. John Higgins, seorang profesor di University of Texas, seperti dilansir laman MSN, Senin (1/10).

Ketika Anda mengalami dehidrasi, itu bisa sulit untuk organ seperti hati, yang menggunakan air untuk melepaskan simpanan glukosa dan komponen lain dari toko energi Anda, sehingga Anda benar-benar bisa mengidam makanan. Biasanya, keinginan untuk mengonsumsi makanan manis adalah tanda bahwa tubuh mengalami kesulitan untuk mencoba memecah glikogen.

Minum cukup air dan mengonsumsi buah-buahan sepanjang hari bisa membantu meringankan proses dan mengatur nafsu makan Anda.

3. Tingkat energi Anda akan meningkat

Para ahli telah menyatakan bahkan dehidrasi ringan bisa membuat Anda lelah dan mengurangi tingkat energi Anda. Karena pasokan air yang tidak memadai, tubuh Anda mengimbanginya dengan mengurangi sirkulasi darah. Hal ini pada gilirannya bisa memperlambat proses mendapatkan oksigen ke otot Anda.

Dan inilah mengapa lebih penting untuk tetap terhidrasi melalui latihan yang intens atau pada hari yang sangat panas ketika Anda mungkin kehilangan air melalui keringat.nJika Anda rentan terhadap kontraksi atau kram otot tak sadar, cobalah untuk meningkatkan asupan air Anda.

4. Kekuatan otak Anda akan mendapat dorongan

Juga, manfaatnya mungkin tidak eksklusif untuk energi fisik. Penelitian telah menyarankan dehidrasi ringan juga bisa merusak kinerja mental yang berpotensi memengaruhi produktivitas harian Anda. "Bahkan tingkat dehidrasi kecil bisa mengganggu fungsi otak," kata Profesor David Benton dari Universitas Swansea, Inggris.

Penelitiannya menyoroti bagaimana kebiasaan minum air yang cukup harus diajarkan kepada anak-anak yang menghabiskan sebagian besar hari-hari mereka di kelas.

5. Gerakan usus Anda akan diatur

Jika Anda mengalami sembelit, kemungkinan asupan H2O Anda terlalu rendah. Selain memastikan bahwa Anda mengonsumsi cukup banyak sumber serat makanan, cara paling efektif untuk memperbaiki gerakan usus adalah minum cukup air.

"Orang-orang yang minum cukup air biasanya memiliki buang air besar secara teratur. Pergerakan usus yang keras atau konstipasi bisa menjadi pertanda bahwa Anda tidak mendapatkan cukup air," kata Dr. Ronald Navarro, ahli bedah ortopedi dan kedokteran olahraga di Kaiser Permanente South Bay Medical Center.(fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ini 5 Manfaat Minum Air Putih Setelah Bangun Tidur


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler