Rakernas PDIP 2023: Posisi Duduk Ganjar Pranowo Sudah Berbeda

Selasa, 06 Juni 2023 – 14:00 WIB
Ganjar Pranowo (berpeci) di deretan depan tempat duduk saat pembukaan Rakernas III PDIP di Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Selasa (6/6). Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo hadir di Rapat Kerja Nasional III Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (Rakernas III PDIP) 2023 berlangsung mulai hari ini (6/6).

Kegiatan parpol pimpinan Megawati Soekarnoputri itu dilaksanakan di Sekolah Partai DPP PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan pada 6-8 Juni 2023.

BACA JUGA: Jika Koalisi Perubahan Gagal Usung Anies, Inilah Pihak yang Untung dan Lebih Kuat

Rakernas itu sudah dimulai pada pukul 10.00 WIB, diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, dilanjutkan mars serta himmne PDIP, serta pembacaan naskah Dedication of Life (Pengabdian Hidup) Bung Karno.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan bakal capres dari PDIP untuk Pilpres 2024 Ganjar Pranowo juga hadir dalam pembukaan Rakernas III PDIP 2023 yang mengangkat tema 'Fakir Miskin dan Anak-Anak Telantar Dipelihara Oleh Negara'.

BACA JUGA: Mahfud MD Didatangi Presiden PKS, Blak-blakan Ogah jadi Pendamping Anies, Alasannya

Ganjar Pranowo yang datang terlebih dahulu di lokasi rakernas menyambut Jokowi yang tiba dengan mobil kepresidenan.

Presiden Ketujuh RI itu tampak mengenakan kemeja batik bernuansa merah dipadu pantalon hitam.

BACA JUGA: Inilah Loyalis Jokowi Berpeluang Besar jadi Pendamping Prabowo, Tidak Mengejutkan

Posisi Duduk Ganjar Pranowo

Di ruang rakernas, Ganjar tampak duduk di deretan depan bersama Megawati, Presiden Jokowi, Ketua Bidang Politik DPP PDIP Puan Maharani, dan Kepala Analisis dan Pengendali Situasi (Situation Room) DPP PDIP Prananda Prabowo.

Posisi tempat duduk Ganjar itu berbeda dibandingkan saat Rakernas II PDIP 2022.

Setahun lalu, gubernur ke-15 Jawa Tengah (Jateng) itu masih diposisikan di deretan kursi keempat dari depan atau berada di belakang jajaran pengurus DPP PDIP.

Saat perayaan HUT ke-50 PDIP di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, pada 10 Januari 2023, Ganjar juga masih duduk di belakang jajaran pengurus pusat partai berlambang banteng moncong putih itu.

Baik saat menghadiri Rakernas II PDIP 2022 maupun HUT ke-50 PDIP, Ganjar tidak mengenakan kopiah.

Namun, kini Ganjar sudah duduk di barisan depan pada acara penting PDIP itu.

Dia juga terlihat mengenakan peci pemberian Megawati saat PDIP mengumumkan kadernya itu sebagai bakal capres di Istana Batutulis, Bogor, pada 21 April 2023.

Rakernas PDIP itu diisi dengan pidato politik Megawati. Presiden Jokowi juga memberikan sambutan dan arahan dalam rakernas yang tertutup untuk media itu.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan rakernas partainya kali ini digelar tertutup karena membahas isu-isu strategis untuk pemenangan Pemilu 2023.

“Kepada teman-teman media mohon maaf, acara Rakernas III PDI Perjuangan bersifat tertutup. Rakernas akan membahas hal-hal strategis terkait pemenangan pemilu,” ujar Hasto. (ast/jpnn) 


Redaktur : Soetomo Samsu
Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler