Rakernas PDIP Batal Tetapkan Cawapres

Sabtu, 25 April 2009 – 20:46 WIB

JAKARTA - Rapat Kerja Nasional (Rakernas) V PDI Perjuangan yang digelar di markas DPP PDIP Lenteng Agung, Sabtu (25/4), belum menetapkan siapa yang layak diusung menjadi calon wakil presiden mendampingi capres Megawati SoekarnoputriRapat tertutup yang dihadiri pengurus DPD PDIP se-Indonesia itu justru berakhir anti-klimaks.

Menurut Sekjen PDIP Pramono Anung, keputusan final siapa cawapres dari PDIP nanti sepenuhnya menjadi kewenangan dari Ketua Umum PDIP yang juga capres PDIP Megawati Soekarnoputri

BACA JUGA: Koalisi Kian Rumit, Siswono Kemukakan Dua Opsi Golkar

Dalam jumpa pers usai penutupan Rakernas Pramono menjelaskan, hanya ada tiga poin diputuskan dalam Rakernas V PDIP ini
Yang pertama, sebut dia, PDIP menilai proses dan prosedur demokratisasi Indonesia saat ini menyimpang dari nilai-nilai luhur kebenaran dan keadilan, seperti yang diamanatkan UUD 1945.

Hal ini, sambungnya, ditandai dengan buruknya kinerja dan manajemen penyelenggara pemilu legislatif

BACA JUGA: Golkar Sudah Dibuang Sebelum Pileg

Seperti banyaknya warga negara yang memiliki hak pilih yang tidak mendapatkan surat undangan untuk memilih, surat suara yang tertukar, logistik pemilu yang tidak cukup dan lain sebagainya
“Rakernas menegaskan dan mendesak presiden sebagai kepala pemerintahan dan KPU untuk bertanggung jawab atas ricuhnya penyelenggaraan pemilu legislatif tersebut,” tandas Pramono Anung saat membacakan hasil Rakernas di depan wartawan.

Poin yang kedua, lanjut Pramono, Rakernas PDIP menegaskan kembali bahwa memenangkan hasil rakyat atas pemilu presiden oleh calon presiden dari PDIP merupakan jalan ideologis untuk menata kemakmuran Indonesia masa depan.

Sedangkan poin ketiga, Rakernas memutuskan untuk memberikan kewenangan kepada ketua Umum PDIP sekaligus calon presiden dari PDIP untuk mengambil langkah-langkah strategis, guna melakukan komunikasi politik menentukan calon wakil presiden dalam menghadapi  pemilu presiden yang akan datang.

Ketika ditanya soal cawapres pendamping Megawati, Pramono maupun Megawati yang duduk bersebelahan enggan memberi jawaban pasti

BACA JUGA: Senior Golkar Pesimis JK Dapat Jodoh

Dua petinggi PDIP itu berdalih belum bisa menyebutkan siapa cawapres yang mengerucut muncul dalam Rakernas karena hasilnya memang belum diputuskan.
“Ada satu nama yang didukung hampir seluruh provinsi, dan ada dua nama yang disebut tiga provinsiTetapi sekali lagi, semua provinsi menyerahkan finalisasi sepenuhnya pada ibu MegawatiBelum diputuskan,” tepis Pramono ketika didesak menyebutkan nama calon-calon wapres yang mencuat dalam Rakernas PDIP tersebut(har/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Mega Masih Anggap Golkar Partai Pemerintah


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler