Ramadan 2020: Cara Agar Tetap Terhidrasi saat Puasa

Rabu, 29 April 2020 – 10:56 WIB
ILUSTRASI minum air putih. Foto: Hellosehat

jpnn.com, JAKARTA - Umat muslim sangat penting mengambil tindakan pencegahanan ekstra dalam menghadapi jam puasa yang panjang dan cuaca panas. Khususnya ketika berurusan dengan pola konsumsi air minum mereka.

Namun seringkali, setelah matahari terbenam, banyak yang lupa minum 3 liter air yang seharusnya mereka minum.

BACA JUGA: Benarkah Minum Teh Dapat Memperpanjang Usia? Simak Penjelasannya

Ada banyak makanan kaya air di luar sana yang bisa kita makan untuk menjaga tubuh kita tetap segar dan terhidrasi sepanjang hari, serta beberapa cara untuk menjaga kulit kita tetap segar dan terhidrasi.

Berikut adalah beberapa makanan untuk menjaga agar Anda tetap terhidrasi selama bulan suci Ramadhan ini, seperti dilansir laman Gulfnews, Selasa (28/4).

BACA JUGA: 7 Kiat Diet Dengan Minum Air Putih

1. Semangka

Buah semangka terdiri dari 92 persen air, dan 8 persen buah. Cairan yang ditemukan dalam semangka termasuk garam, kalsium dan magnesium, yang merupakan komponen sempurna untuk menghidrasi kembali tubuh setelah hari yang panjang.

BACA JUGA: Di Rumah Aja, Tips Ringan Menjaga Tubuh Tetap Bugar ala Pembalap

Pasangkan semangka kubus dengan sedikit keju feta tajam dan setangkai mint untuk hidangan yang lebih menarik.

2. Susu

Susu biasa, susu almond, santan, atau oat, re-hydrator ini sebenarnya adalah pengganti air yang baik. Siapkan semangkuk sereal setelah berbuka dengan susu. Kita semua tahu bahwa susu adalah cara yang bagus untuk meningkatkan kalsium, tetapi juga menjaga tingkat hidrasi sepanjang hari. Ini juga merupakan minuman pasca latihan yang hebat, karena membantu pemulihan setelah berolahraga.

3. Sup

Makanan berkuah adalah starter yang penting saat buka puasa. Jika Anda memiliki pilihan, pilih sup bening daripada sup krim. Ini cara yang bagus untuk meningkatkan asupan air dan tingkat energi dan akan membuat tubuh Anda penuh air.

4. Buah berkadar tinggi air

Selain semangka, buah dengan kadar air tinggi seperti jeruk, apel, nanas, dan buah persik. 

Alih-alih menambahkan yogurt atau susu, coba tambahkan air dan es sebagai gantinya. Ini akan membuat Anda terhidrasi lebih lama dan Anda bisa membuat batch besar dan meminumnya saat sahur.

5. Kurangi Makanan yang Digoreng

Makanan asin bisa benar-benar mengeringkan tubuh Anda, yang tubuh Anda tidak butuhkan. Jadi cobalah lewati makanan yang digoreng, seperti kentang goreng atau burger yang Anda minati. Alih-alih, minum air kelapa, irisan apel atau wortel bayi.

6. Selada Iceberg

Walaupun secara nutrisi tidak cukup efektif, selada Iceberg mengandung 96 persen air, dan merupakan tambahan yang bagus untuk salad apa pun jika Anda ingin menghidrasi kembali tubuh Anda.(fny/jpnn)


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Ramadan   Puasa   Semangka   Air Minum  

Terpopuler