Ramadan di Islandia, Berpuasa 22 Jam Lamanya

Jumat, 01 Juni 2018 – 11:06 WIB
Ramadan di Islandia, Berpuasa 22 Jam Lamanya. Tampak salah satu masjid di Islandia. Foto worldbulletin

jpnn.com, ISLANDIA - Umat muslim di Islandia menjalani puasa tahun ini menjadi lebih lama. Mereka harus menahan lapar dan dahaga selama 22 jam.

Alasannya, Ramadan kali ini bertepatan dengan musim panas yang berarti matahari bersinar lebih lama. Hanya memiliki waktu dua jam untuk berbuka, salat tarawih, dan santap sahur kemudian berpuasa lagi.

BACA JUGA: Arus Mudik Lebaran 2018, Jasa Marga Beri Diskon Tarif Tol

Pengalaman berpuasa selama 22 jam dijalani oleh Sulaiman. Ia merupakan seorang pria asal Pakistan yang pindah ke Islandia lima tahun lalu.

Usai menahan lapar dan dahaga selama 22 jam, Sulaiman hanya menyantap buah dan yoghurt untuk sahur. Setelah itu dia tak makan atau minum hingga saatnya berbuka.

BACA JUGA: Pesantren di Kampung Minoritas: Syahadat Itu Apa

"Saya berpuasa selama 22 jam karena sesuai ajaran Islam kami harus berpuasa dari subuh hingga matahari terbenam. Meski puasa sangat lama saya tak merasa berat saat menjalankan ibadah puasa karena saya mengimani, maka iman itu yang menguatkan saya. Amat mudah, malah ini sudah menjadi hal yang alami," ujar Sulaiman beberapa hari lalu.

Seperti dilansir Kantor Berita Pemilu (Jawa Pos Grup), Sulaiman mengatakan, usai beberapa hari berpuasa, dia merasa terbiasa. Menahan lapar atau dahaga dalam waktu lama menjadi bagian dari hidupnya.

BACA JUGA: Jamkrindo Beri Ribuan Paket Sembako & Santunan Yatim Piatu

Meski harus berpuasa selama 22 jam, Sulaiman tetap bekerja seperti biasa dan tidak meminta dispensasi apapun dari tempat kerjanya. Ia juga tak mengeluh. (met/jpc/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ramadan, Stok Ikan Di Kota Palembang Dipastikan Cukup


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler