Ratu Dewa Sebut Ziarah Kubra Bangkitkan Perekonomian di Palembang  

Minggu, 03 Maret 2024 – 20:14 WIB
Penjabat (Pj) Wali Kota Palembang Ratu Dewa saat menyampaikan kata sambutan di acara Ziarah Kubro terminal Boom Baru Pelabuhan Palembang, Minggu (3/3/2024). Foto: Diskominfo Palembang.

jpnn.com, PALEMBANG - Penjabat (Pj) Wali Kota Palembang Ratu Dewa menyebut bahwa ziarah kubra dapat membangkitkan perekonomian di Kota Palembang.

Hal ini disampaikan Dewa saat menghadiri acara haul dan ziarah kubra di terminal Boom Baru Pelabuhan Palembang, Minggu (3/3/2024).

BACA JUGA: Ganjar Disambut Kiai hingga Ribuan Santri Saat Ziarah Kubro di Masjid Agung Banten

Dia mengatakan ada ribuan jemaah hadir mengunjungi permakaman serta tempat bersejarah yang ada di Kota Palembang untuk ziarah.

"Tentunya kegiatan ini akan membangkitkan perekonomian Kota Palembang yang sekarang berada di angka 5,12 persen," kata Dewa.

BACA JUGA: Oknum Prajurit TNI Serang Polres Jayawijaya, Mayjen Izak Buka Suara

Oleh karena itu, dia memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada para habib.

Dalam pertemuan tersebut, Dewa meminta kepada warga agar mendoakan Kota Palembang aman serta terbebas dari bahaya dan bencana.

BACA JUGA: Rapat Pleno KPU Tanjungpinang Ricuh, Caleg PDIP Mengamuk, Ini yang Terjadi

"Di momen yang baik ini juga mari kita doakan saudara muslim kita yang ada di Palestina agar mereka selalu dilindungi Allah SWT dari serangan senjata," pinta Dewa.

Al-Habib Abdurrahman bin Hasan Al Habsyi selaku Ketua panitia pelaksana ziarah kubra ulama dan aulia Palembang mengatakan kegiatan hari ini merupakan ajang silahturahmi sekaligus menyambut kedatangan bulan Ramadan.

"Dalam kegiatan ini para jemaah mendoakan serta mengunjungi pemakaman dan tempat bersejarah yang ada di Kota Palembang," kata Habib.

Menurut Habib, ziarah kubra menjadi bukti perjuangan dakwah Islam yang dilakukan oleh para ulama, para wali Allah dan para Sultan di Kota Palembang.

"Tujuan dari ziarah kubro adalah untuk mengenang, meneladani, sekaligus sebagai ajang silaturahmi akbar, terkhusus dalam rangka menyambut kedatangan bulan suci Ramadan. Kegiatan ini dilangsungkan setiap minggu pertama di 10 hari terakhir bulan Syakban," tutur Habib.

Habib mengatakan ziarah kubro telah dikenal oleh para wisatawan sebagai salah satu trade mark Kota Palembang, baik dari dalam maupun luar kota, bahkan mancanegara.

"Acara ini menjadi aset wisata rohani yang sangat potensial bagi Kota Palembang, khususnya di Sumatera Selatan, dikarenakan haul dan ziarah Kubra ‘Ulama dan aulia," ucap Habib. (mcr35/jpnn.com)

BACA ARTIKEL LAINNYA... BBPOM Palembang Sita Ratusan Kosmetik Ilegal


Redaktur : M. Fathra Nazrul Islam
Reporter : Cuci Hati

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler