Ratu Zakiyah: Investasi Infrastruktur Bidang Kesehatan Penting, Sangat Dibutuhkan Masyarakat

Minggu, 13 Oktober 2024 – 17:57 WIB
Calon Bupati Serang Ratu Zakiyah saat menyapa warga saat berkampanye di sebuah kecamatan di Kabupaten Serang, Banten. Foto: source for jpnn

jpnn.com, SERANG - Calon Bupati Serang Ratu Zakiyah telah menyapa ribuan warga di setiap Kecamatan yang terdapat di Kabupaten Serang, Banten.

Dalam agenda sapa warga, Ratu Zakiyah menyampaikan visi-misi serta program yang akan dijalankannya.

BACA JUGA: Calon Bupati Serang Ratu Zakiyah: Pengembangan Ekonomi Lokal & Pariwisata Halal Akan Diterapkan

Selain itu, Ratu Zakiyah juga mendengarkan aspirasi yang disampaikan oleh warga.

Satu hal yang disampaikan oleh warga yaitu terkait minimnya fasilitas kesehatan yang ada di Kecamatan Lebakwangi, Kabupaten Serang.

BACA JUGA: Pilbup Serang 2024 Memanas, 2 Paslon Saling Melapor

“Sudah semestinya fasilitas dan infrastruktur kesehatan untuk masyarakat di setiap Kecamatan itu terjangkau, berkualitas dan merata,” ucap Ratu Zakiyah.

Selanjutnya Ratu Zakiyah mengatakan salah satu program yang akan dijalankan dalam sektor kesehatan yakni investasi infrastruktur kesehatan.

BACA JUGA: Lewat Surat Tugas, Demokrat Dukung Andika Hazrumy di Pilbup Serang

“Investasi infrastruktur kesehatan ini sangat penting bagi masyarakat, dari hal ini akan banyak program turunan yang mampu dijalankan untuk memastikan keterjaminan kesehatan, pelayanan kesehatan bagi masyarakat,” tambahnya.

Lebih lanjut Ratu Zakiyah mengatakan dalam investasi infrastruktur, terdapat program yang dapat dilakukannya.

Yakni, pembangunan dan peningkatan puskesmas, dalam hal ini ialah pembangunan puskemas baru di wilayah-wilayah pedalaman.

Selain itu, renovasi puskesmas yang sudah ada untuk meningkatkan fasiltas, seperti penambahan ruang inap, ruang bersalin, ruang konsultasi dan laboratorium.

Selain itu sebagai menyokong infrastruktur kesehatan di Kabupaten Serang, Ratu Zakiyah menyampaikan perlu adanya pembangunan rumah sakit di wilayah Timur dan Barat, hal ini bertujuan untuk efesien waktu perjalanan masyarakat ketika ingin mendapatkan pelayanan medis.

“Selain pembangunan, tentu dalam gagasan investasi infrastruktur kesehatan ini perlu adanya manajerial kesehatan secara langsung yang menyentuh masyarakat. Yaitu melalui layanan kesehatan bergerak, yang artinya Pemerintah Kabupaten Serang menyiapkan klinik keliling serta didukung dengan fasilitas penambahan ambulans gratis untuk masyarakat,” ucap Ratu Zakiyah

Kemudian dalam investasi infrastruktur kesehatan ini juga akan menghadirkan pengembangan fasilitas kesehatan Ibu dan Anak (KIA), yang di dalamnya terdapat ruang bersalin modern dan aman untuk ibu hamil, ruang perawatan anak dan fasilitas khusus untuk bayi yang baru lahir dengan perawatan intesif (NICU), untuk pencegahan dan penurungan stunting di Kabupaten Serang akan disediakan layanan gizi dan imunisasi untuk bayi.

Tidak hanya itu, Ratu Zakiyah mengungkapkan bahwa dalam investasi infrastruktur kesehatan ini juga memberikan prioritas fasilitas kesehatan yang ramah bagi lansia dan disabiltas.

“Fokus pembangunan infrastruktur kesehatan ini juga fokus terhadap pembangunan fasilitas ramah bagi lansia maupun disabilitas,” katanya.

Untuk mendukung terciptanya Investasi Kesehatan ini tentu Calon Bupati Serang Ratu Zakiyah mengatakan perlu peningkatan efektivitas di ranah terkecil berbasikan komunitas.

Dalam hal ini ialah memperkuat peran Posyandu dan Posbindu yang terdapat di setiap daerah terpencil.

“Bukan hanya pembangunan secara infrastruktur kesehatan, tentu kedepan jika Allah SWT mengizinkan saya memimpin di Kabupaten Serang ini, dalam mendukung menghadirkan pelayanan kesehatan akan menghadirkan program yang melibatkan masyarakat,” kata Ratu Zakiyah

Nanti akan ada gerakan masyarakat hidup sehat bagi masyarakat Kabupaten Serang, tentu program ini untuk mendorong masyarakat berkehidupan sehat dengan rutin berolahraga, konsumsi makanan sehat dan bergizi.

Ini akan digerakan dan dikampanyekan dengan melibatkan komunitas yang akan turun langsung ke masyarakat, sekolah, kantor, pabrik dan ruang publik lainnya," tutupnya.(ray/jpnn)


Redaktur & Reporter : Budianto Hutahaean

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler