Ratusan Penumpang di Pelabuhan Kalianget Akhirnya Berlayar

Sabtu, 05 Januari 2019 – 13:44 WIB
Kapal yang sedang bersandar di pelabuhan. Foto Yessy Artada/jpnn.com

jpnn.com, MADURA - Ratusan penumpang yang sebelumnya tertahan di Pelabuhan Kalianget, Sumenep, Madura, Jawa Timur karena pelayaran ditutup akibat cuaca buruk akhirnya Jumat (4/1) kemarin sudah kembali berlayar ke Pulau Kangean.

Ratusan penumpang tersebut berlayar dengan menggunakan kapal Dharma Bahari Sumekar I (DBS).

BACA JUGA: Waspadai Cuaca Buruk, Utamakan Keselamatan Pelayaran

"Setelah kurang lebih satu pekan aktivitas pelayaran di Pelabuhan Kalianget ditutup akibat cuaca buruk, per (4/1) sudah dibuka kembali setelah kondisi cuaca membaik dan sejumlah penumpang DBS I yaitu 350 orang telah diberangkatkan ke Kangean," ujar Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) kelas IV Kalianget, Ferry Agus.

Sementara, para penumpang tujuan Masalembu masih berada di Pelabuhan Kalianget menunggu kedatangan kapal KM. Sabuk Nusantara 115 dari Surabaya.

BACA JUGA: Cuaca Buruk, Baru Dua Kapal Penumpang yang Diizinkan Melaut

"Kami berterima kasih kepada para penumpang kapal di Pelabuhan Kalianget yang telah mau menunggu keberangkatan kapal dengan tertib dan sabar. Penundaan keberangkatan kapal ini diakibatkan adanya cuaca buruk serta gelombang tinggi dan semata-mata untuk alasan keselamatan pelayaran," tutur Ferry.

Sebelumnya, Badan Meteorogi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah merilis informasi terkait peringatan dini gelombang tinggi yang akan terjadi di Perairan Selatan Kalimantan, Laut Jawa dan Perairan Utara Jawa Tengah.

BACA JUGA: Gelombang Tenang, Kapal Mulai Berlayar dari Tanjung Perak

Karena itu, semua pihak, baik operator dan masyarakat pengguna jasa transportasi laut mewaspadai terjadinya cuaca buruk.(chi/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Karena Cuaca Buruk, Pelayaran Gresik - Bawean Dilarang


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler