Rawat Kesehatan Gigi dan Mulut dengan Rutin Berkumur Air Garam

Senin, 29 Juli 2019 – 10:52 WIB
Ilustrasi gigi putih.

jpnn.com - Setiap orang pasti menyimpan natrium klorida alias garam di dapur rumah. Peran butiran putih ini untuk memberikan rasa asin pada masakan. Namun, garam punya banyak manfaat selain menjadi “senjata” di dapur. Dilarutkan dengan air hangat, butiran asin ini juga bisa untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut.

Berikut adalah beberapa potensi manfaat berkumur dengan air garam untuk kesehatan gigi dan mulut, seperti dilansir laman Stylecraze, Minggu (28/7).

BACA JUGA: Anggaran Terbatas, PT Garam Sulit Serap Garam Rakyat

1. Mempertahankan Tingkat pH Alami

Air garam membantu menetralkan asam di tenggorokan yang dihasilkan oleh bakteri, dan membantu menjaga keseimbangan pH yang sehat. Keseimbangan pH normal juga membantu bakteri alami di tenggorokan dan mulut Anda berkembang dan mencegah bakteri yang tidak diinginkan menumpuk dan menyebabkan infeksi.

BACA JUGA: Harga Garam Ditingkat Petani Anjlok, Begini Kata Bu Susi

BACA JUGA: Empat Manfaat Berkumur dengan Air Garam

2. Membersihkan Lendir dan Meredakan Hidung Tersumbat

BACA JUGA: 4 Makanan Ini Wajib Dihindari Penderita Hipertensi

Berkumur dengan air garam hangat membantu mengencerkan penumpukan lendir ini di saluran pernapasan dan rongga hidung dan mengeluarkannya. Ini tidak hanya mengurangi peradangan dan mengurangi rasa sakit di tenggorokan Anda, tetapi juga menghilangkan bakteri atau virus yang menyebabkan rasa sakit pada tenggorokan Anda.

BACA JUGA: 5 Makanan Ini Ternyata Tinggi Kandungan Garam

3. Mengobati Batuk Kering

Kumur dengan air garam juga berfungsi baik untuk mengobati batuk kering seperti halnya batuk yang basah dan berisi dahak. Ia bekerja sebagai antitusif, yang berarti membantu menghentikan batuk.

4. Mencegah Infeksi Saluran Pernafasan Atas

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Jepang, berkumur dengan air garam hangat tiga kali sehari adalah cara yang mudah dan hemat biaya untuk mengurangi risiko terkena infeksi saluran pernapasan atas sebesar 40 persen

5. Meringankan Tonsilitis

Amandel adalah dua gumpalan jaringan yang terletak di belakang tenggorokan Anda. Ini bisa meradang karena infeksi bakteri atau virus dan menyebabkan gejala seperti sakit tenggorokan, kesulitan menelan, dan lapisan kuning-putih pada amandel. Berkumur dengan air garam hangat bisa membantu meringankan rasa sakit di tenggorokan dan meringankan beberapa gejala ini.

6. Menghilangkan Bau Napas

Kumur air garam hangat bisa menetralkan asam di mulut Anda untuk mengembalikan tingkat pH alami dan menghilangkan bakteri mulut - dua penyebab bau mulut.

7. Sakit Tenggorokan

Radang tenggorokan bisa disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus. Obat alami paling efektif untuk meredakan gejalanya adalah berkumur dengan air garam. 

8. Gusi Berdarah dan Bengkak

Gusi berdarah dan bengkak adalah tanda pertama penyakit gusi yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Membilas mulut dengan air garam bisa membantu mengurangi peradangan dan melawan bakteri ini. Selain itu, berkumur dengan air garam bisa membantu menghilangkan bakteri dari abses di mulut Anda yang menyebabkan infeksi.(fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Gunung Garam


Redaktur : Djainab Natalia Saroh
Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler