Rayakan HUT DKI Jakarta, Besok Masuk 11 Museum Ini Gratis

Selasa, 21 Juni 2022 – 21:10 WIB
Seorang pria melintas di samping Rumah Si Pitung yang terletak di kawasan Marunda, Cilincing, Jakarta Utara, Jumat (15/1/2010). FOTO: ANTARA/Widodo S. Jusuf/ed/ama/aa.

jpnn.com, JAKARTA - Kota Jakarta akan berulang tahun pada tanggal 22 Juni 2022. Pemprov DKI Jakarta menggelar sejumlah rangkaian kegiatan yang akan memanjakan warga Ibu Kota.

Salah satu kegiatan untuk menyemarakkan ulang tahun ke-495 ini adalah dengan memberikan kesempatan wisata sejarah secara gratis kepada warga DKI.

BACA JUGA: HUT ke-495 Jakarta, Naik MRT, LRT, dan Transjakarta Gratis

Hal ini diketahui dari akun sosial media resmi Pemprov DKI @dkijakarta.

"Dalam menyemarakkan Jakarta Hajatan, kamu bisa kunjungi museum yang dikelola Dinas Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta secara gratis pada Rabu, 22 Juni 2022," bunyi pengumuman tersebut, seperti dikutip JPNN.com, pada Selasa (21/6).

BACA JUGA: Kecelakaan Maut Bus PMS vs PMH di Jalinsum, 7 Orang Tewas, Belasan Luka-Luka

Adapun terdapat 11 tempat bersejarah atau museum yang dapat dinikmati secara gratis pada perayaan HUT DKI Jakarta besok, yaitu:

1. Museum Sejarah Jakarta

BACA JUGA: Dua Pelajar Hilang Terseret Arus saat Berenang di Sungai Simonis

2. Museum Joang 45

3. Museum Prasasti

4. Museum MH Thamrin

5. Museum Tekstil

6. Museum Seni Rupa dan Keramik

7. Museum Wayang

8. Museum Bahari

9. Taman Arkeologi Onrust

10. Rumah Si Pitung

11. Museum Betawi Setu Babakan.

Museum-museum ini bakal beroperasi mulai pukul 09.00 WIB sampai 15.00 WIB. 

Diketahui, Pemprov DKI menggelar rangkaian perayaan HUT ke-495 Kota Jakarta pada tahun ini dengan tajuk “Jakarta Hajatan”.

Perayaan HUT DKI ini kembali digelar secara meriah setelah dua tahun vakum karena pandemi Covid-19.

Rangkaian acara HUT Jakadta mulai digelar pada tanggal 24 Mei lalu hingga puncak acara pada 25 Juni 2022 mendatang.

Jakarta Hajatan dibuka dengan Opening Ceremony: Jakarta’s 495th Anniversary Celebration & Digital Nomad Island Launching) oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Pulau Bidadari, Kepulauan Seribu pada Selasa (24/5) lalu.

Rangkaian acara Jakarta Hajatan ke-495 juga diisi dengan berbagai acara yakni, Jakarta Weekend Walking, Cycling and Running Tour, Jakarta International Java Jazz, Upacara Ziarah Taman Makam Pahlawan, Upacara Peringatan HUT Ke-495 Kota Jakarta, +Jakarta Concert di Taman Ismail Marzuki (TIM), hingga Pekan Kolaborasi Daerah.

Pada 22 Juni besok, peringatan HUT DKI diawali dengan upacara HUT ke-495 Kota Jakarta di Monas, dilanjutkan sidang paripurna DPRD, rapat kerja Gubernur Jabodetabekpunjur, dan malam resepsi Jakarta Hajatan.

BACA JUGA: Inilah Tampang Mbak Rina, Dia Akhirnya Ditangkap di Rumah Orang Tua, Duh Malunya

Jakarta Hajatan ke-495 akan ditutup dengan malam puncak atau closing ceremony di Jakarta International Stadium (JIS) pada 25 Juni 2022. (mcr4/jpnn)


Redaktur : Budianto Hutahaean
Reporter : Ryana Aryadita Umasugi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler