Real Count KPU: Perolehan Suara Menteri dan Wamen, Siapa Berpeluang Lulus ke Senayan?

Sabtu, 17 Februari 2024 – 09:02 WIB
Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly saat menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2024 di TPS 22 Kelurahan PB Selayang I, Kecamatan Medan Selayang, Kota Medan, Sumut, Rabu (14/2) lalu. Foto: Instagram/@yasonna.laoly

jpnn.com, JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) terus memperbaharui data hasil hitung suara atau real count Pemilu 2024.

Melalui publikasi di situs resmi yang disediakan KPU tersebut, masyarakat bisa memantau perkembangan hasil penghitungan suara.

BACA JUGA: Real Count KPU DPR RI: Ini Perolehan Suara Ucok Baba, Jangan Bandingkan dengan Komeng!

Hal itu termasuk mengetahui raihan suara sejumlah menteri dan wakil menteri (wamen) Kabinet Indonesia yang maju dalam pemilihan anggota legislatif di Pemilu 2024.

KPU juga menyampaikan hasil hitung suara yang diunggah di situs resminya tersebut bukan hasil akhir Pemilu 2024 atau masih bersifat sementara.

BACA JUGA: Real Count KPU DPRD DKI Jakarta Sabtu Pagi: Fokus Perolehan Suara PSI

"Penghitungan suara yang dilakukan oleh KPPS, rekapitulasi hasil penghitungan suara dan penetapan hasil pemilu dilakukan secara berjenjang dalam rapat pleno terbuka oleh PPK, KPU Kabupaten/Kota, KPU Provinsi dan KPU berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan," bunyi disclaimer dari KPU di situs tersebut.

Berikut data real count sementara dari sejumlah menteri dan wamen yang dlihat jpnn.com di situs pemilu2024.kpu.go.id per Sabtu (17/2) pukul 07:30:03 WIB.

BACA JUGA: Menteri Budi Bicara Pemilu Damai, Singgung soal Pemilih Pemula & Indonesia Emas

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah

Menaker Ida Fauziyah yang maju dalam pemilihan caleg DPR di Dapil II Jakarta dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tercatat telah memperoleh 16.638 suara.

Data tersebut merupakan hasil penghitungan suara di 47,58 persen tempat pemungutan suara (TPS) atau 4.684 dari total 9.844 TPS.

Raihan suara Ida Fauziyah yang berada di nomor urut 1 masih kalah jauh dari caleg PPP lainnya di dapil yang sama, yakni Rafif Muhammad Rizqullah (56.176 suara).

Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo

Menpora Ario Bimo Nandito Ariotedjo atau Dito Ariotedjo yang maju dalam pemilihan caleg DPR di Dapil I Jakarta dari Partai Golkar tercatat telah memperoleh 17.821 suara.

Data tersebut merupakan hasil penghitungan suara di 53,11 persen tempat pemungutan suara (TPS) atau 4.680 dari total 8.812 TPS.

Raihan suara Menpora Dito Ariotedjo tertinggi dibanding caleg DPR dari Partai Golkar lainnya, tetapi masih kalah jauh dari caleg DPR lainnya dari parpol lain.

Salah satunya dengan Mardani Ali Sera, caleg PKS yang telah mengantongi 45.710 suara.

Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Yasonna H Laoly yang maju dalam pemilihan caleg DPR di Dapil I Sumatera Utara dari PDI Perjuangan tercatat telah memperoleh 10.697.

Raihan suara sementara Yasonna masih kalah dengan caleg PDIP nomor urut 2, yakni Sofyan Tan (29.071 suara) maupun sejumlah caleg lainnya dari parpol lain.

Data tersebut merupakan hasil penghitungan suara di 32,03 persen tempat pemungutan suara (TPS) atau 5.039 dari total 15.731 TPS.

Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar

Terdaftar sebagai caleg DPR dari PKB di Dapil VIII Jawa Timur, Menteri Desa dan PDTT Abdul Halim Iskandar atau Gus Halim telah memperoleh 32.549 suara.

Raihan suara Gus Halim masih di bawah Muhtarom, caleg PKB nomor urut 10 di dapil yang sama yang telah meraih 51.088.

Data tersebut merupakan hasil penghitungan suara di 50,59 persen tempat pemungutan suara (TPS) atau 6.912 dari total 13.663 TPS.

Wakil Menteri Dalam Negeri John Wempi

Wamendagri John Wempi tercatat sebagai caleg DPR dari PDIP di Dapil Papua Pegunungan.

Data perolehan suara Wamendagri John Wempi dan caleg lainnya di dapil tersebut sedang dalam proses dan belum ditampilkan di situs KPU.

Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga

Wamendag Jerry Sambuaga yang tercatat sebagai caleg DPR dari Partai Golkar nomor urut 2 di Dapil Sulawesi Utara telah memperoleh 30.707 suara.

Raihan suara Jerry Sambuaga terbanyak kedua dalam daftar caleg DPR dari Partai Golkar atau selisih sekitar 4 ribu suara dari Christiany Eugenia Paruntu (34.531 suara).

Data tersebut merupakan hasil penghitungan suara di 51,60 persen tempat pemungutan suara (TPS) atau 4.252 dari total 8.240 TPS.

Wakil Menteri Ketenagakerjaan Afriansyah Noor

Wamenaker Afriansyah Noor yang tercatat sebagai caleg Partai Bulan Bintang (PBB) di Dapil V Jawa Barat telah memperoleh 5.136 suara.

Raihan suara Afriansyah masih di bawah perolehan suara caleg PBB lainnya maupun parpol lain.

Data tersebut merupakan hasil penghitungan suara di 55,90 persen tempat pemungutan suara (TPS) atau 8.513 dari total 15.228 TPS.

Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo

Wamen Parekraf Angela Tanoesoedibjo yang tercatat sebagai caleg DPR dari Partai Perindo di Dapil I Jawa Timur telah meraih 9.837 suara.

Data tersebut merupakan hasil penghitungan suara di 44,19 persen tempat pemungutan suara (TPS) atau 6.068 dari total 13.733 TPS.

Raihan suara putri dari Hary Tanoesoedibjo itu tertinggi dari caleg Perindo lainnya, tetapi masih di bawah dari perolehan suara caleg parpol lain di dapil yang sama. (mar1/jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Sutresno Wahyudi, Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler