Realisasi Pembatasan BBM Subsidi Tidak Jelas

Rabu, 09 Februari 2011 – 17:18 WIB

JAKARTA—Setelah mengalami pengunduran dari jadwal semula 1 Januari menjadi 1 April 2011, tampaknya rencana pemerintah untuk melakukan pembatasan BBM subsidi akan kembali mengalami pengunduranPernyataan dari pemerintah mengenai pemberlakuan pembatasan BBM subsidi ini masih mengambang dan belum ada kepastian.

‘’Kita masih tunggu dulu satu lagi study tambahan disampaikan Maret nanti

BACA JUGA: Rp2 Triliun untuk Kompensasi Gagal Panen

Semuanya tentu harus berdasar juga pada asumsi ICP (harga minyak Indonesia) berapa dan kesiapannya bagaimana? Makanya harus ada kajian yang matang dulu,’’ kata Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa kepada wartawan di Jakarta, Rabu (9/2).

Jika sebelumnya Hatta selalu menyatakan optimis pembatasan BBM subsidi bisa dijalankan pada April 2011, namun saat ditanyakan kembali Hatta tidak berani menjawab dengan tegas.

‘’Kan saya dari dulu sudah katakan, kita tunggu dulu satu paparan lagi yang kita harapkan selesai
Tapi kalaupun seandainya terpengaruh misalnya harga minyak berfluktuasi, ya nanti kita lihat lagi

BACA JUGA: BPS: Produksi Karet-Sawit Meningkat

Yang penting intinya subsidi harus berazaskan keadilan,’’ kata Hatta yang tetap tidak memberi ketegasan perihal waktu pelaksanaan pembatasan BBM subsidi.

Rencana pembatasan BBM subsidi ini memang gencar mendapatkan perlawanan dari masyarakat
Bahkan DPR RI menyatakan penolakan dan meminta pemerintah menunda pembatasan hingga pemerintah betul-betul siap melakukan sosialisasi kepada masyarakat

BACA JUGA: Menkeu: Isu Sensitif Bikin Investor Lari

Termasuk menghitung berbagai dampak terhadap ekonomi masyarakat dari kebijakan tersebut.

Menteri ESDM Darwin Zahedy Saleh mengatakan bahwa kajian terhadap dampak pembatasan BBM subsidi, saat ini masih sedang berjalanSosialisasi pembatasan pada masyarakat juga terus dilakukan.

‘’Penunjukkan timnya baru diakhir 2010, jadi sekarang kajiannya masih berlangsungInsyallah dalam waktu dekat sudah ada hasil kajian sementaraSementara sosialisasi terus kita lakukan mengenai pentingnya subsidi diterima masyarakat yang tepat,’’ kata Darwin.

Sama seperti Hatta, Darwin pun tak berani menjamin bahwa pembatasan BBM subsidi bisa dilaksanakan per 1 April 2011 sesuai dengan rencana pemerintah sebelumnya.‘’Kita tidak bisa kira-kiraYang penting kita siapkan segala sesuatunya dengan sebaik-baiknyaMengenai nanti hasil penerapannya kapan, nantilah kita laporkanSekarang siapkan saja dulu sebaik-baiknya,’’ tegas Darwin.(afz/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pemerintah Waspadai Kenaikan Kedelai


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler