Refleksi Sumpah Pemuda, AMP Dorong Pemuda Aktif Berjuang & Menjaga Budaya

Minggu, 29 Oktober 2023 – 04:00 WIB
Ratusan anggota Angkatan Muda Perjuangan (AMP) menggelar "Dialog Refleksi Sumpah Pemuda" di Cisadane River Park, Cisauk, Kabupaten Tangerang, Sabtu (28/10). Foto: Dokumentasi AMP

jpnn.com, JAKARTA - Merayakan Hari Sumpah Pemuda, ratusan anggota Angkatan Muda Perjuangan (AMP), menggelar "Dialog Refleksi Sumpah Pemuda" di Cisadane River Park, Cisauk, Kabupaten Tangerang, Sabtu (28/10).

Acara itu juga dihadiri dan didukung oleh beberapa komunitas sukarelawan pasangan capres dan cawapres Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

BACA JUGA: Hari Sumpah Pemuda 2023 Bernuansa IKN

Ketua Umum AMP Firman Mahmudi mengatakan refleksi itu dilaksanakan untuk mengingat kembali semangat perjuangan para pemuda Indonesia dalam memperjuangkan persatuan dan kesatuan di Indonesia.

"Hari Sumpah Pemuda menjadi momentum penting bagi generasi muda untuk merenung dan melakukan refleksi atas nilai-nilai yang dijunjung tinggi oleh para pemuda terdahulu,“ ucap Firman dalam keterangannya, Sabtu.

BACA JUGA: Merefleksikan Perjuangan Perempuan, Museum Sumpah Pemuda Menggelar Pameran Swara Iboe

Acara dirangkai dengan kegiatan atraktif dan kreatif seperti dialog bertemakan refleksi sumpah pemuda, kegiatan lomba melukis, pembacaan teks Sumpah Pemuda dan ikrar kepemudaan.

Firman menambahkan bahwa pemuda saat itu bergerak karena memiliki semangat dan dorongan yang kuat untuk memerdekakan bangsa Indonesia.

BACA JUGA: Lembaga Survei Dunia Ungkap Elektabilitas Anies 28,91 Persen Seusai Putusan MK

Mereka berkeinginan agar Indonesia menjadi bangsa yang Bersatu dan berdaulat.

"Perjuangan pemuda saat itu tidak dibarengi dengan bantuan dan dukungan yang memadai, tetapi, semangat dan optimisme yang kukuh, akhirnya lahir Sumpah Pemuda,” tuturnya.

Sementara itu, Dewan Pembina AMP Jimmy Simanjuntak menuturkan pemuda adalah ujung tombak bangsa, karena pemuda harus memilik mental perjuangan yang dapat diandalkan.

“Pemuda itu harus kuat, berjuang untuk menjaga bangsa ini, kesuksesan perjuangan angkatan muda pada tahun 1928 lalu menyatukan pikiran dan tenaganya untuk membela dan memperjuangkan bangsa Indonesia” ucap Jimmy.

Kegiatan tersebut ditutup dengan pernyataan dukungan AMP kepada pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD disambut dengan meneriakan yel-yel merdeka. (mcr4/jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!

BACA ARTIKEL LAINNYA... Gerindra Ungkap Alasan Erick Thohir Tak jadi Cawapres Maupun Timses Prabowo


Redaktur : Rah Mahatma Sakti
Reporter : Ryana Aryadita Umasugi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler