Registrasi Ulang Kartu Sim Prabayar, Jumlah Pelanggan Turun

Rabu, 01 November 2017 – 05:27 WIB
Ilustrasi ponsel. Foto: AFP

jpnn.com, JAKARTA - Head of Corporate Communications Group PT Indosat Tbk Deva Rachman mengatakan, sudah banyak pelanggan kartu sim prabayar yang melakukan registrasi .

Namun karena pelanggan Indosat Ooredoo baru bisa melakukan registrasi kemarin, Deva belum merinci berapa datanya. “Sedang kami tarik datanya, tapi sudah banyak yang daftar,” ujarnya.

BACA JUGA: Registrasi Ulang Kartu Sim Prabayar Terkendala KK

Pihak Indosat Ooredoo, lanjutnya, telah melakukan sosialisasi lewat berbagai media. Mulai komunikasi kepada pelanggan lewat SMS blast, juga pengumuman di website serta outlet Indosat Ooredoo.

Dia berharap semua pelanggan Indosat mematuhi aturan dan segera melakukan registrasi. Pelanggan juga diimbau untuk tidak termakan hoaks mengenai kewajiban penyebutan nama ibu kandung saat proses registrasi.

BACA JUGA: Registrasi Ulang Kartu Sim Prabayar Dianggap Ribet

Di sisi lain, Regional Project PT XL Axiata Tbk Desy Sari Dewi menambahkan, adanya kewajiban untuk melakukan registrasi sim card dapat memberikan pengaruh terhadap penurunan jumlah pelanggan.

"Akuisisi pelanggan pasti sudah tidak terlalu agresif. Pelanggan hanya diperbolehkan memiliki 3 simcard saja," terangnya.

BACA JUGA: Cara Registrasi Nomor Seluler Prabayar, Cukup 1 Menit

Total pelanggan XL secara nasional mencapai 99,3 juta dengan pertumbuhan mencapai 30 persen. "Pertumbuhannya kemungkinan tidak akan sebesar itu," ujarnya.

Selama ini XL mampu menyebarkan sim card sebanyak 5 juta kartu dalam sebulan. Dari angka tersebut yang menjadi pelanggan XL sebesar 40 persen.

Tetapi, hanya sekitar 10 sampai 20 persen saja pelanggan yang menggunakan simcard tersebut selama lebih dari 3 bulan.

"Hanya saja secara ongkos produksi tentu saja ada penghematan sebab jumlah kartu yang diproduksi berkurang. Dan XL bisa mendapatkan pelanggan yang terus bertahan," imbuh Desy.

Menurutnya, secara tidak langsung pun aturan tersebut dapat mengubah bisnis telekomunikasi di masa depan.

Sayangnya, Desy enggan untuk merinci lebih jauh perubahan yang harus dihadapi oleh bisnis telekomunikasi. Untuk saat ini, beberapa pelanggan XL juga telah melakukan registrasi simcard.

Namun, pihaknya belum bisa memberikan data jumlah pelanggan yang telah melakukan registrasi. XL juga menghimbau agar pelanggan bisa melakukan registrasi simcard sesuai dengan petunjuk yang diberikan oleh perseroan agar tidak mengalami kegagalan saat registrasi. (rin/vir)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kapan Batas Akhir Registrasi Ulang Kartu Sim Prabayar?


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler