Rekomendasi Jenis Usaha yang Menjanjikan dengan Modal Rp 10 Juta

Sabtu, 26 November 2022 – 18:31 WIB
Pangkas rambut Chemot Barbershop di Ciawi, Bogor, Jawa Barat, yang menerapkan protokol kesehatan. Foto: arsip JPNN.com/Ricardo

jpnn.com - Banyak orang yang mau memulai bisnis, tetapi masih bingung memilih jenis usaha yang akan dirintis.

Memang di era modern ini banyak produk yang baru dan beragam jenis.

BACA JUGA: Bermula dari Hobi, Raynand Bikin Bercut Barbershop Makin Terkenal di Bali

Namun, peluang bisnis yang besar juga diimbangi dengan banyaknya saingan atau kompetitor.

Sebenarnya cukup dengan modal Rp 10 juta sudah bisa membuka sebuah usaha yang menjanjikan. Modal sebesar itu bisa dialokasikan untuk usaha yang sesuai dengan kemampuan.

BACA JUGA: SRC dan LinkAja Perkuat Ekosistem Digital Toko Kelontong Masa Kini

Meraih keuntungan banyak dan berlipat dengan modal kecil adalah keinginan semua pengusaha. Maka, tak heran banyak orang yang menggeluti jenis usaha dengan modal kecil.

Berikut jenis usaha yang bisa dicoba dengan modal Rp 10 juta:

BACA JUGA: Sandiaga Uno Beri Bantuan Pedagang Warung Kopi Tertua di Desa Sembungan Wonosobo

1. Usaha Konfeksi Tas
Peluang bisnis konfeksi tas ini sangat menjanjikan. Semua orang memakai tas untuk bekerja, sekolah, menyimpan barang, dan lain-lain.

Oleh karena itu, wajar apabila bisnis tas -selain konfeksi pakaian- termasuk yang menjanjikan. Modal untuk memulai bisnis konfeksi tas pun tidak terlalu banyak.

Maka tak heran banyak masyarakat yang tertarik untuk menggeluti jenis bisnis usaha satu ini.

2. Usaha Laundry Kiloan
Usaha laundry kiloan merupakan bisnis yang pertama kali menjamur di area kos-kosan atau sekitar kampus. Banyak mahasiswa atau pekerja yang memilih memasukkan pakaian yang sudah dipakai ke laundry daripada mencucinya sendiri.

Bisa jadi hal itu disebabkan kesibukan dan kelelahan setelah melakukan kegiatan belajar maupun bekerja.

Kebutuhan yang harus dibeli untuk memulai usaha laundry kiloan ialah mesin cuci, sabun detergen, pewangi, dan lain-lain. Harga untuk masing-masing kebutuhan juga beragam, cukup disesuaikan dengan modal yang tersedia.

Keuntungan yang didapat dari bisnis laundry kiloan memang menjanjikan. Oleh karena itu, banyak orang yang menekuni usaha ini.

3. Usaha Katering Rumahan
Salah satu usaha yang sangat menggiurkan adalah membuka bisnis jasa boga melalui katering makanan rumahan.

Prinsip dari usaha ini ialah adanya modal di awal sebagai uang muka atau down payment (DP). Menerapkan DP akan dapat menghindarkan pelaku bisnis ini dari kerugian.

Biasanya DP digunakan untuk membeli bumbu, bahan masakan, dan lain-lain, sehingga bisa menghemat pengeluaran di awal usaha.

Pelaku usaha bisnis katering rumahan juga tidak perlu khawatir merugi ketika tidak ada pemesan, karena tidak perlu membeli bahan masakan dan menyiapkan makanan.

4. Usaha Pangkas Rambut
Inilah jenis usaha yang selalu dibutuhkan banyak orang. Hampir semua orang pasti akan memangkas rambut, terutama laki-laki.

Usaha ini bisa dilakukan di dalam rumah, halaman, atau kios kecil. Untuk memulai bisnis ini cukup dengan membeli peralatan cukur rambut.

Perintis usaha pangkas rambut juga bisa memakai karyawan untuk membantu pekerjaan.

5. Usaha Cuci Motor
Banyak orang yang menganggap usaha satu ini membutuhkan modal besar. Sebenarnya dengan modal yang tidak besar pun sudah bisa membuka usaha ini.

Usaha ini bisa dilakukan di garasi atau halaman rumah sehingga tidak perlu menyewa tempat.

Namun, apabila memiliki modal lebih, pelaku usaha ini bisa menyewa tempat agar lebih leluasa menjalankan usahanuya.

Kebutuhan untuk bisnis ini ialah alat steam, kompresor, sabun, ember, dan beberapa barang lainnya. Meski demikian, keuntungan yang didapatkan juga sangat menjanjikan.

6. Usaha Warung Kopi
Salah satu usaha yang praktis dan mudah dilakukan oleh hampir semua orang ialah membuka warkop.

Hal yang perlu diperhatikan dalam memulai bisnis ini ialah memilih tempat yang strategis, seperti lingkungan kampus, atau lokasi yang ramai agar peluang mendapatkan konsumen lebih besar.

Dengan modal tak begitu besar, warkop merupakan jenis usaha yang patut dicoba. Dengan modal kurang dari Rp 10 juta pun sudah bisa menjadi pengusaha warkop.

Usaha ini juga tidak memerlukan keahlian khusus, seperti mahir memasak, karena menu yang disajikan juga sederhana.

7. Usaha Toko Kelontong
Bisnis toko kelontong yang cocok untuk dicoba. Sekarang banyak supermarket dan toko berlabel jaringan besar yang menggeser posisi toko kelontong.

Namun, tidak perlu khawatir, karena masih banyak yang membutuhkan toko kelomtong. Perintis bisnis bisa memulai usaha dengan memanfaatkan garasi, sehingga tidak perlu menyewa tempat.

Toko kelontong menjual produk yang dibutuhkan banyak orang, seperti beras, gula, dan keperluan rumah tangga lainnya.

Demikian penjelasan tentang rekomendasi jenis usaha dengan modal Rp 10 juta. Apabila tertarik melakukan salah satu usaha di atas, bisa diterapkan untuk memulai bisnis baru. Peluang usaha yang menjanjikan dengan tingkat risiko yang sedikit.(ikl/jpnn.com)


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler