Rekrutmen CPNS Dimulai September 2018

Senin, 08 Januari 2018 – 00:30 WIB
Peserta tes CPNS menunggu giliran mengikuti SKD. Foto: Radar Tarakan/JPNN.com

jpnn.com, PENAJAM PASER UTARA - Tahapan pelaksanaan rekrutmen CPNS 2018 diperkirakan akan digelar dalam rentang waktu September hingga November.

Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan (BKPP) Penajam Paser Utara (PPU), Kaltim, rencananya mengusulkan 110 formasi CPNS untuk penerimaan tahun ini.

BACA JUGA: 3.700 CPNS dari Lulusan Cumlaude

Didominasi formasi guru SD dan SMP sebanyak 90 orang. Sisanya 20 orang terbagi untuk pekerjaan teknis. Yakni tenaga kesehatan, infrastruktur, dan akuntansi yang akan ditugaskan untuk posisi bendahara.

Informasi itu disampaikan Kepala BKPP PPU Surodal Santoso pekan lalu. Menurut dia, BKPP masih mendata formasi CPNS yang akan diusulkan ke Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) pada akhir Januari 2018. “Usulan kami tidak lebih dari 120 formasi,” ucap Surodal kepada Kaltim Post.

BACA JUGA: Rekrutmen CPNS 2018: Pemprov Ini Usulkan 700 Formasi

Selain itu, BKPP tengah melakukan pendataan terkait kesiapan pelaksanaan seleksi CPNS tahun ini yang menggunakan sistem computer assisted test (CAT).

Peserta seleksi langsung mengerjakan soal ujian pilihan ganda di layar monitor komputer dan terintegrasi secara daring (dalam jaringan) dengan panitia seleksi nasional (panselnas).

BACA JUGA: Inilah Jenis Jabatan yang Akan Diisi PPPK

Setelah mengerjakan soal ujian, peserta dapat melihat hasilnya. Apakah memenuhi nilai ambang batas yang dipersyaratkan (passing grade) atau tidak.

“Akan kami siapkan dan inventarisasi SKPD yang bisa dipakai komputernya,” ujar mantan kepala Bagian (Kabag) Pembangunan di Setkab PPU itu.

Mengenai pelaksanaan penerimaan, diperkirakan dibuka pada September hingga November 2018 mendatang.

Itu setelah dilakukan penetapan formasi yang disetujui KemenPAN-RB berdasar usulan BKPP PPU.

Dengan mempertimbangkan hasil analisis jabatan, analisis beban kerja, rincian peta jabatan, dan kebutuhan aparatur sipil negara (ASN).

“Berikut kami juga mempertimbangkan kondisi keuangan daerah saat ini. Tapi, pelaksanaan tes masih lama,” ungkapnya.

Tahun lalu BKPP PPU telah mengusulkan 81 formasi CPNS ke KemenPAN-RB. Yakni untuk mengisi formasi guru SD dan SMP sebanyak 68 formasi, dokter di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas, dan RSUD PPU sebanyak 8 formasi, dan tenaga teknis di Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Disperkim) PPU 5 formasi.

Namun, hingga akhir 2017, KemenPAN-RB tidak membuka seleksi penerimaan CPNS. Jadi, BKPP PPU harus mendata kembali terkait kebutuhan formasi CPNS yang dibutuhkan untuk 2018. (*/kip/san/k16)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pemprov tak Ikut Rekrutmen CPNS 2018


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler