Rendah Kalori, Ini 4 Manfaat Jamur Bagi Diabetesi

Senin, 20 Januari 2020 – 23:26 WIB
Lion's mane, salah satu jenis jamur yang memberi banyak manfaat untuk kesehatan. Foto: Pinterest

jpnn.com, JAKARTA - Jamur bisa menjadi pilihan menu makanan atau camilan bagi penyintas diabetes. Sebab, sayuran ini rendah kalori.

Selain rendah kalori, ada sejumlah kandungan lain di balik jamur. Apa saja sih? Berikut paparan singkatnya seperti dilansir Healthline:

BACA JUGA: Empat Jamur Ini Bermanfaat untuk Kesehatan Tubuh

1. Rendah indeks glikemik

Indeks glikemik (GI) bisa menjadi parameter seberapa besar makanan berdampak pada kadar gula darah. GI jamur 10-15 dan inilah alasan sayuran ini tidak berkontribusi terhadap lonjakan kadar gula darah.

BACA JUGA: Cara Aman Makan Bakmi Bagi Penderita Diabetes

2. Vitamin B

Jamur menyediakan 23 persen dari kebutuhan harian vitamin B2 dan 16 persen vitamin B3. Vitamin B dibutuhkan untuk melawan demensia dan melambatnya fungsi kognitif terutama bagi orang yang menggunakan metformin untuk mengobati diabetes. Jamur juga bisa melindungi wanita terhadap diabetes gestasional.

BACA JUGA: Obat Diabetes Populer Ternyata Berisiko Menimbulkan Kanker

3. Polisakarida

Senyawa bioaktif yang ditemukan dalam jamur, salah satunya polisakarida, berkontribusi menurunkan gula darah. Senyawa ini juga memperbaiki resistensi insulin.

4. Turunkan peradangan dan sumber serat

Jamur dapat membantu menurunkan tingkat peradangan yang salah satunya disebabkan diabetes.

Selain itu, kandungan serat yang larut dan tidak larut dalam sayuran ini memberi orang rasa kenyang dan mengurangi nafsu makan menggila yang menjadi faktor kunci dalam mengendalikan diabetes.(antara/jpnn)


Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler