Resmi Diusung PDIP, Petahana Arif-Rista Ikuti Rakor Kesiapan Pilkada di Semarang

Rabu, 24 Juli 2024 – 15:16 WIB
Pasangan petahana bakal calon bupati dan wakil bupati Kebumen Arif Sugiyanto dan Ristawati Purwaningsih mengikuti Rakor Kesiapan Pilkada 2024 di Kantor DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah di Kota Semarang, Selasa (23/7/2024). Foto: source for jpnn

jpnn.com, SEMARANG - Pasangan petahana bakal calon bupati dan wakil bupati Kebumen Arif Sugiyanto dan Ristawati Purwaningsih mengikuti Rakor Kesiapan Pilkada 2024 di Kantor DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah di Kota Semarang, Selasa (23/7/2024).

Rokor kesiapan Pilkada ini adalah tahapan terakhir yang harus diikuti oleh semua bakal calon kepala daerah yang diusung PDI Perjuangan, khsusunya di Jateng.

BACA JUGA: PDIP dan NU Dianggap jadi Penentu Keunggulan Arif-Rista di Pilkada Kebumen

Pasangan Arif-Rista dipastikan diusung kembali oleh PDI Perjuangan dalam Pilkada 2024.

"Ini adalah tahapan terakhir yang wajib kami ikuti sebagai bakal calon bupati dan wakil bupati. Alhamdulillah kami kembali diusung PDI Perjuangan untuk maju sebagai calon bupati dan wakil bupati Kebumen dua periode ke depan," ujar Bupati Arif.

BACA JUGA: Ini Alasan PDIP Usung Arif Sugiyanto-Ristawati Purwaningsih di Pilkada Kebumen

Sebelumnya, pasangan Arif-Rista sudah lebih dulu menjalani fit and proper test di Kantor DPD PDI Perjuangan Jateng.

Kemudian pada kesempatan kali ini, pihaknya diminta untuk memaparkan kesiapan peta politik dan logistik dalam menghadapi Pilkada, serta sinkronisasi DPC dengan DPD.

BACA JUGA: Soal Pilkada Jateng, PDIP Prioritaskan Dukung Kader Internal

"Dalam menghadapi Pilkada ini secara umum kita sudah sangat siap. Alhamdulillah berdasarkan hasil survei dari lembaga survei LSI dan Pandawa elektabilitas kita sudah di atas 72 persen, lalu kepuasaan publik terhadap pemerintah 84 persen lebih. Ini artinya masyarakat percaya dengan kinerja kita dalam membangun Kebumen menjadi Kabupaten lebih maju, mandiri, dan berakhlak," ucapnya.

Bupati menuturkan, kinerja baik itu juga dibuktikan dengan banyaknya penghargaan yang berhasil diraih. Selama tiga tahun terakhir kepemimpinannya, total ada 58 penghargaan tingkat nasional yang berhasil diraih. Tiga di antaranya yakni Penghargaan Adipura, TPID Award se Jawa Bali dan Anugerah Merdeka Belajar.

"Insya Allah dengan bekal dan kinerja yang sudah kita lakukan, masyarakat tidak tergoyah dalam memilih pemimpin yang amanah, dan berjuang untuk rakyatnya," ujarnya.

Adapun terkait koalisi, Bupati Arif menyampaikan telah membangun komunikasi yang intens dengan sejumlah partai politik. Ia menyebut, PDIP juga sangat terbuka dengan partai-partai lain untuk ikut dalam koalisi pada Pilkada 2024 tahun ini. Karena yang diharapkan dalam koalisi ini adalah kebersamaan untuk kemajuan Kebumen.

"Alhamdulillah komunikasi yang sudah dibangun dengan PAN 3 kursi, PPP 4 kursi, dan tentunya PDIP jadi total sudah 18 kursi. Insyaallah kami juga masih terus melakukan komunikasi dengan partai lain. Apakah nanti akan mengulang kembali seperti Pilkada 2020 melawan kotak kosong. Saya belum mau berbicara ke arah sana," tuturnya.

Sementara itu, Ketua DPC PDI Perjuangan Kebumen Saiful Hadi menambahkan Rakor Kesiapan Pilkada 2024 ini dihadiri seluruh ketua, sekretaris, dan bendahara DPC PDIP se Jawa Tengah termasuk seluruh bakal calon bupati dan wakil bupati yang diusung PDIP se Jateng.

Rapat dipimpin Wasekjen DPP PDIP Utut Adianto dan Ketua DPD PDIP Jateng Bambang Pacul.

"Keputusan penting terkait Kebumen adalah, bagi kabupaten yang fix pasangannya, dan jumlah kursinya cukup maka rekomendasi akan segera turun. Dan alhamdulilah hari ini Kebumen sudah fix, setelah rekomendasi turun, kita akan menggelar deklarasi," tuturnya.(ray/jpnn)


Redaktur & Reporter : Budianto Hutahaean

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler