Resmi, Ini Dua Kader PDIP untuk Posisi Pimpinan MPR dan DPR

Senin, 19 Maret 2018 – 11:50 WIB
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri bersama Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto. Foto: Ricardo/JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati telah memutuskan nama kadernya di legislatif yang menjadi pimpinan MPR dan DPR. Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, putri Proklamator RI Bung Karno itu menunjuk Ahmad Basarah sebagai wakil ketua MPR, sedangkan Utut Adianto menjadi wakil ketua DPR.

“Surat keputusan terkait dengan penetapan kedua kader PDI Perjuangan tersebut sebagaai wakil ketua MPR dan wakil ketua DPR dikirimkan hari ini (19/3),” ujar Hasto.

BACA JUGA: PDIP dan Partai Kongres India Melawan Politik Identitas

Menurut Hasto, keberadaan kader PDIP di pimpinan DPR ataupun MPR mencerminkan kesesuaian antara aspirasi rakyat yang memberi kepercayaan kepada partai berlambang kepala banteng itu sebagai pemenang Pemilu 2014, dengan representasi susunan dan kompisisi pimpinan kedua lembaga negara tersebut. Selain itu, representasi PDIP di kursi pimpinan MPR dan DPR juga akan meningkatkan konsolidasi politik dalam rangka memperkuat dukungan bagi pemerintahan Presiden Joko Widodo.

“PDI Perjuangan menempatkan posisi wakil ketua MPR dan wakil ketua DPR RI tersebut sebagai momentum strategis untuk memperkuat konsolidasi politik pemerintahan Presiden Jokowi. Kedua wakil pimpinan dari PDI Perjuangan tersebut bertugas memberikan dukungan yang lebih efektif bagi program-progran pemerintahan Jokowi,” tutur Hasto.

BACA JUGA: Kang Hasan Andalkan Program Pemilikan Rumah DP 1 Persen

Hasto juga menyebut keputusan Megawati menunjuk Basarah dan Utut sebagai representasi PDIP di pimpinan MPR dan DPR menunjukkan proses kaderisasi kepemimpinan di partainya berjalan baik. Politikus asal Yogyakarta itu menjelaskan,  Basarah dan Utut sebagai kader PDIP telah digembleng untuk memiliki kesadaran ideologi, organisasi, politik dan k menyelesaikan masalah bangsa dan negara.

“Keduanya tidak hanya menampilkan kepemimpinan yang berkarakter, namun juga memiliki disertai kecakapan manajerial yang handal. Keduanya berdedikasi untuk memerbaiki peningkatan kinerja kedua lembaga negara tersebut,” pungkasnya.(boy/ara/jpnn)

BACA JUGA: Jokowi Ogah Teken UU MD3, Bamsoet Sebut Nama Bu Mega dan SBY

BACA ARTIKEL LAINNYA... Mbak Puan Ungkap Kriteria Bakal Cawapres Pendamping Jokowi


Redaktur & Reporter : Antoni

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler