Resmikan Markas Volunter, Ganjar Berpesan soal Gen Z, Perempuan Desa, dan Difabel

Kamis, 01 Juni 2023 – 18:56 WIB
Bakal capres dari PDIP, PPP, dan Hanura Ganjar Pranowo berpidato di acara peresmian 'Rumah Aspirasi Relawan Ganjar Pranowo' di Jakarta Pusat, Kamis (1/6). Foto: Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Ganjar Pranowo yang kini menjadi bakal capres untuk Pilpres 2024 mengharapkan para sukarelawan pendukungnya bisa menggandeng kalangan generasi Z atau Gen Z dan swing voter (pemilih yang masih berpotensi berganti pilihan).

Gubernur Jawa Tengah (Jateng) itu mengatakan generasi Z yang lahir pada periode 1997-2012 merupakan pemilih pemula yang berpotensi menjadi swing voters.

BACA JUGA: Pimpin Upacara Harlah Pancasila, Ganjar Tebar Optimisme di Antara 2 Gunung

Menurut Ganjar, potensi suara dari swing voter sangat besar sehingga harus digalang untuk mendulang suara.

“Saya kepingin ada swing voters, suara yang bergeser-geser, yang itu tentu saja punya potensi untuk kita ajak bicara,” ujarnya saat berpidato pada peresmian Rumah Aspirasi Relawan Ganjar Pranowo di Jalan Proklamasi Nomor 72, Jarta Pusat, Kamis (1/6).

BACA JUGA: Ganjar Didampingi Elite Parpol Pendukung, Resmikan Rumah Aspirasi Relawan

Bakal capres dari koalisi PDIP, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) itu menambahkan Gen Z ada di kalangan anak muda yang menekuni kiprah sebagai YouTuber, praktisi coding, barber atau tukang pangkas rambut, binis laundry, dan di komunitas-komunitas olahraga, seperti skating, sepeda, dan lari.

“Itulah generasi Z yang butuh mendapatkan tempat,” ujar kepala daerah yang aktif berkomunikasi di media sosial itu.

BACA JUGA: Juragan Bela Jokowi soal Cawe-Cawe agar Indonesia Punya Pemimpin Jempolan

Selain itu, Ganjar juga meminta para sukarelawannya menggarap kalangan perempuan, terutama remaja putri, di desa-desa. Menurut dia, kalangan itu belum tersentuh untuk menyuarakan aspirasi mereka.

“Ajak bicara untuk menyuarakan pikirannya, para perempuan dan perempuan muda yang ada di desa jarena yang di kota relatif accessible (mudah diakses, red) untuk semuanya,” tuturnya.

Ganjar juga mewanti-wanti para volunternya memperhatikan para penyandang disabilitas. Kepala daerah yang mendapat julukan Rocking Governor itu lantas menceritakan pengalamannya yang mengharukan ketika didatangi difabel.

Menurut Ganjar, ada difabel dari Pangandaran yang mendatangi rumah dinas gubernur Jateng di Puri Gedeh, Semarang. Penyandang disabilitas itu mengendarai sepeda motor beroda tiga.

“Dia hanya ingin menunjukkan hanya dengan satu kendang saja, kemudian dengan karyanya, dia ingin perform di depan saya, saya terharu,” ucapnya.

Oleh karena itu, Ganjar mengatakan penyandang disabilitas tidak boleh diabaikan.

“Tolong perhatikan ini, maka rumah ini akan kita jadikan sebagai bentuk permersatu,” pintanya.(ast/jpnn.com)

Simak! Video Pilihan Redaksi:

BACA ARTIKEL LAINNYA... PDIP Umumkan Capres, Misbakhun Golkar Segera Bergerak demi Ganjar


Redaktur : Antoni
Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler