Resmikan Penyalaan Perdana Listrik PLN, Pj Gubernur Agus Fatoni Berpesan Begini

Sabtu, 06 April 2024 – 15:02 WIB
Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni meresmikan penyalaan perdana listrik oleh PT PLN pasca-pengalihan. Foto: dok Pemprov Sumsel

jpnn.com, MUSI BANYUASIN - Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni meresmikan penyalaan perdana listrik oleh PT PLN pasca-pengalihan wilayah usaha PT Musi Banyuasin Electric Power (MEP) di halaman SD Negeri Tenggulang Jaya, Babat Supat, Musi Banyuasin (Muba), Sumsel, Kamis (4/4).

Kegiatan tersebut berlangsung seusai Agus Fatoni melakukan ground breaking pembangunan jaringan listrik PT PLN di Kecamatan Babat Supat, Kabupaten Banyuasin.

BACA JUGA: Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni Dapat Penghargaan dari PWI

Fatoni mengatakan kebutuhan listrik bagi masyarakat sangatlah penting dalam menggerakkan roda perekonomian.

Oleh karena itu, dia berharap agar PT PLN terus memperluas layanannya ke sejumlah pelosok desa yang ada di Kabupaten Muba.

BACA JUGA: Ini 7 Gerakan Serentak Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni

"Listrik sangat penting karena merupakan salah satu kebutuhan masyarakat dalam menunjang aktivitas keseharian mereka. Oleh karena itu, Ramadan ini menjadi berkah dengan diberikannya aliran listrik oleh PLN sehingga kita dapat beribadah ataupun berkegiatan secara nyaman," ucap Fatoni.

Dia menambahkan perlu kesabaran dan dukungan dari masyarakat sehingga aliran listrik PLN dapat menjangkau secara keseluruhan.

BACA JUGA: Pj Gubernur Agus Fatoni Rakor Bersama Mendagri Secara Virtual, Bahas Isu-Isu Strategis

Fatoni mengimbau masyarakat agar melengkapi persyaratan yang diperlukan oleh pihak PLN.

"Pelayanan ini akan menyebar secara keseluruhan dengan kurang lebih sebanyak 53 ribu pelanggan MEP menjadi pelanggan PLN. Maka perlu dukungan dan kesabaran dari masyarakat untuk terus mempersiapkan diri memenuhi persyaratan-persyaratan yang dibutuhkan," kata dia.

Fatoni menegaskan Pemerintah Provinsi Sumsel akan mendukung program yang berkaitan ataupun bersentuhan langsung dengan masyarakat, termasuk mengaliri jaringan listrik.

"Groundbreaking ini merupakan upaya agar pelayanan PLN menyentuh ke seluruh lapisan masyarakat yang ada di Muba, semua prasarana akan diperbaiki dan tentu Pemprov akan mendukung hal tersebut," kata Fatoni.

Terakhir, Fatoni mengingatkan masyarakat agar menghemat listrik sehingga biaya per bulan juga dapat dihemat.

"Menghemat listrik jangan lupa karena ini penting, untuk itu kebiasaan lalai mematikan aliran listrik yang tidak digunakan kita tinggalkan. Lampu, kipas angin ataupun TV jika tidak diperlukan dimatikan saja,” jelasnya.

“Jadi, pemeliharaan jaringan dan sarana prasarana juga penting, ini perlu kita budayakan agar tidak boros energi dan menghemat biaya listrik dalam keluarga kita," sambungnya.

Sementara itu, Pj Bupati Muba Apriyadi Mahmud mengaku sangat senang bisa menuntaskan persoalan peralihan listrik PT MEP ke PLN. 

Dia juga berterima kasih kepada Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni atas dukungan yang masif sehingga persoalan peralihan listrik dapat terealisasikan.

Selain itu, dukungan atas realisasi peralihan listrik juga disampaikan oleh Anggota DPR RI Abdul Kahar Muzakir.

Menurutnya, hal tersebut akan bermanfaat bagi masyarakat Kabupaten Musi Banyuasin.

"Insyaallah ini semua demi warga masyarakat di Muba dan khususnya 54 ribu pelanggan MEP yang beralih ke PLN," kata Kahar.

Tak hanya dari Kahar, apresiasi dan dukungan juga disampaikan oleh Anggota DPR RI Maman Abdurrahman.

Dia sangat mengapresiasi Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni atas aksi nyatanya sehingga persoalan peralihan listrik di Kabupaten Musi Banyuasin dapat terealisasikan.

Dalam kesempatan yang sama, General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Sumsel Jambi Bengkulu (S2JB) Adhi Herlambang mengatakan PLN S2JB berkomitmen siap melayani masyarakat di Muba.

Ke depannya terdapat 14 kecamatan di Kabupaten Muba yang akan beralih ke listrik PLN, di mana untuk tahap pertama ada 12 MOF (titik ukur) yang akan segera dilaksanakan pembangunannya.

Meliputi MOF Nusa Serasan (Kecamatan Sungai Lilin), dan MOF Tenggulang Jaya (Babat Supat).

Kemudian, Bayat (Bayung Lencir), Mendis, Lubuk Harjo, MOF Setia Jaya (Jirak), Layan, MOF Sungai Dua (Sungai Keruh), MOF Tanjung Agung (Lais), MOF Rantau Keroya (Lais), Danau Cala, MOF Mekar Jaya ( Keluang), sedangkan untuk 7 MOF lagi masuk dalam proses tahap dua. (jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Tim Evaluasi Kemendagri Apresiasi Capaian Kinerja Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni


Redaktur : Dedi Sofian
Reporter : Dedi Sofian, Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler