Tim Evaluasi Kemendagri Apresiasi Capaian Kinerja Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni

Jumat, 05 April 2024 – 09:31 WIB
Penjabat Gubernur Sumsel Agus Fatoni didampingi jajarannya saat menyampaikan paparan dalam kegiatan Evaluasi Kinerja Penjabat Kepala Daerah di Kantor Inspektorat Jenderal Kemendagri, Jakarta, Rabu (3/4). Foto: Dokumentasi Humas Pemprov Sumsel

jpnn.com, JAKARTA -  Tim Evaluasi Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menyampaikan apresiasi atas kinerja dan penghargaan yang dicapai Penjabat Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni.

Hal ini disampaikan dalam kegiatan Evaluasi Kinerja Penjabat Kepala Daerah di Kantor Inspektorat Jenderal Kemendagri, Jakarta, Rabu (3/4).

BACA JUGA: Pj Gubernur Agus Fatoni Dorong 2 Jembatan Penghubung Mesuji dan OKI Segera Dibangun

Staf Khusus Mendagri Kastorius Sinaga sangat mengapresiasi laporan yang secara lengkap dipaparkan Pj Gubernur Agus Fatoni.

Dia juga mengapresiasi penurunan kemiskinan ekstrem di Bumi Sriwijaya.

BACA JUGA: Pj Gubernur Agus Fatoni Berharap Proyek Strategis Nasional di Sumsel Berjalan Lancar

“Kami lihat bagus penurunannya, paling cepat di Sumatra dan empat kabupaten sudah bebas dari kemiskinan ekstrem," kata Kastorius.

Dia menyebutkan target tahun ini seharusnya semua daerah nol persen kemiskinan ekstrem.

BACA JUGA: Pj Gubernur Agus Fatoni Apresiasi Operasi Pasar Perwakilan BPKP Sumsel

"Sumsel ini boleh dikatakan delapan kabupaten/kota sudah nol koma persen. Kalau sudah angka segitu, jika dipertahankan hingga tahun 2024 sudah akan bebas dari kemiskinan ekstrem,” terangnya.

“Ini tinggal perintah Inpres Nomor 4 butir 29 dilaksanakan maka akan lebih mantap lagi, Pak Gub,” sambung Kastorius.

Dalam kesempatan yang sama, Inspektur 3 Itjen Kemendagri Elfin Elyas mengapresiasi turunnya inflasi di dua kabupaten di Sumsel, yaitu Ogan Komering Ilir (OKI) dan Muara Enim pada periode Januari-Maret 2024.

“Saya juga mengapresiasi OKU Selatan, Prabumulih, dan Pagar Alam yang angka IPH-nya rendah,” kata Elfin.

Dia menyarankan ke depan ada dorongan dari Pj Gubernur Agus Fatoni kepada pemerintah kabupaten atau kota untuk membuat proposal neraca pangan.

"Saya yakin ini bisa disajikan dan dianjurkan kemudian dilaksanakan ke kabupaten atau kota,” ujarnya.

Apresiasi juga disampaikan Inspektur 3 Itjen Kemendagri Rustam yang menyebut kerja sama antara Pemprov Sumsel dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) sudah cukup baik.

“Rekomendasi dari BKSDN untuk mengaktifkan dan mengoptimalkan peran Kominfo dalam hal ini literasi pengguna sosial sekaligus memantau berita-berita hoaks di dunia maya sehingga bisa kita antisipasi,” kata Rustam.

Apresiasi lain juga disampaikan Inspektur Khusus Itjen Kemendagri Teguh Narutomo terkait penyerapan minat aspirasi masyarakat.

Teguh juga mengingatkan terkait sosialisasi Mendagri Tito Karnavian untuk menerapkan kurikulum pendidikan antikorupsi pada tingkat pendidikan mulai dari SD hingga SMK atau SMA.

“Semoga sukses, aman, Pak Gub,” kata Teguh.

Dalam kesempatan ini, PPUPD Ahli Utama Azwan juga mengapresiasi berbagai kegiatan unggulan yang dilakukan di Provinsi Sumsel.

Menurut Awan, semakin banyak kegiatan unggulan memiliki skala prioritas dalam menyejahterakan masyarakat.

“Bagus ya ini banyak kegiatan unggulan, namun perlu dipastikan untuk dijadikan skala prioritas,” kata Azwan.

Selanjutnya, apresiasi juga disampaikan PPUPD Ahli Utama Dimyati yang menyebut banyak indikator evaluasi yang sudah disampaikan dengan jelas, namun terkait pelaksanaan elektronifikasi transaksi bidang retribusi masih perlu dilaksanakan sesegera mungkin.

Apresiasi juga disampaikan Auditor Ahli Utama Wiratmoko terkait bagusnya penurunan stunting di Pemprov Sumsel.

“Ini stunting juga bagus ya, menurun,” ucap Wiratmoko.

Menanggapi seluruh masukan tersebut, Penjabat Gubernur Agus Fatoni berterima kasih atas seluruh masukan yang diberikan evaluator.

Dia mengatakan semua masukan telah dicatat dengan baik dan akan langsung dieksekusi setelah evaluasi.

“Jadi di Sumatera Selatan kalau bergerak sendiri tidak dirasa, tetapi kalau dengan Gerakan Serentak akan lebih fokus, lebih terarah, lebih efektif dan efisien,” kata Fatoni.

Dia juga mengucapkan terima kasih atas semua masukan, saran, dan pendapat.

"Ini sangat penting bagi kami untuk meningkatkan kinerja serta menjadi evaluasi bagi kami sehingga kinerja ke depannya semakin meningkat,” tegas Fatoni.

Terakhir, Staf Khusus Mendagri Kastorius Sinaga juga menyampaikan evaluasi kali ini berlangsung secara cepat dan lancar.

“Ini bagus, ini juara, karena hanya satu jam saja," kata Kastorius.

Dia menekankan agar masukan yang banyak diberikan para evaluator kepada Pj Gubernur Agus Fatoni beserta jajarannya maupun bupati dan wali kota untuk ditindaklanjuti bersama-sama.

"Kami ucapkan terima kasih dan salam sehat. Semangat terus Pak Pj (Agus Fatoni) demi Sumsel yang maju dan nanti kita akan bertemu lagi dalam evaluasi triwulan berikutnya,” ujar Kastorius Sinaga.

Dalam kesempatan ini, Pj Gubernur Agus Fatoni didampingi Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setdaprov Sumsel Edward Chandra.

Hadir juga mendampingi, yakni Kepala Dinas Kesehatan Sumsel Trisnawarman, Kepala Bapenda Sumsel Achmad Rizwan, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sumsel Deliar Marzoeki, Kepala Biro Perekonomian Sumsel Henky Putrawan, Kepala Dinas Penanaman Modal dan PTSP dan sejumlah kepala OPD lainnya. (mrk/jpnn)


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Sutresno Wahyudi, Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler