Respons Fadli Zon soal Kabar Surat Perjanjian Gerindra – PKS

Rabu, 18 April 2018 – 15:27 WIB
Fadli Zon. Foto: Charlie L/Indopos/dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Partai Gerindra dan PKS dikabarkan pernah membuat surat perjanjian terkait Pilpres 2019. Dalam surat itu disebut-sebut bahwa PKS akan berkoalisi dengan Gerindra yang mengusung Prabowo Subianto sebagai capres.

Surat perjanjian juga menyebutkan Gerindra bersedia menggandeng cawapres dari PKS, partai yang dipimpin Sohibul Iman tersebut.

BACA JUGA: Nasdem: Banyak Nama Cawapres, Jokowi Bisa Tersandera

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon secara tidak mengiyakan soal adanya surat perjanjian tersebut, namun juga tak membantah. Dia mengaku belum melihat surat itu.

“Saya dengar ada, tidak masalah. Isinya (cawapres) dari PKS atau di-endorsement PKS,” kata Fadli di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (18/4).

BACA JUGA: Rajin Temui Ormas Islam, Jokowi Bidik Cawapres Nonpartai?

Namun, Fadli memastikan jika perjanjian itu memang ada, maka tidak mengikat satu sama lain. Menurut dia, bisa saja kesepakatan berubah, sesuai dengan pembicaraan bersama mitra koalisi yang kemungkinan bertambah.

“Tidak mengikat satu sama lain. Jadi nanti didudukkan, musyawarah untuk mencapai mufakat kalau ada yang baru lagi nanti duduk bersama lagi,” paparnya.

BACA JUGA: Jangan Kaget andai Prabowo Gandeng Puan atau Susi

Dia yakin bahwa Partai Gerindra tidak akan dikhianati atau ditinggal pergi jika nanti tak mengambil cawapres dari PKS. Menurut Fadli, segala keputusan tentu akan didudukkan dan dimusyawarahkan bersama-sama. “Harus ada komitmen. Gerindra tidak akan khianati, selalu komitmen sejak lama,” katanya.

Menurut dia, dari dulu juga belum pernah berbicara nama soal siapa cawapres dari PKS maupun yang di-endorsement partai tersebut yang akan diambil Gerindra. “Masih luas, Gerindra tak merasa keberatan dengan surat itu. Bagus-bagus saja,” katanya.

Dia memastikan Prabowo Subianto tidak dalam posisi menentukan sendiri siapa yang menjadi cawapresnya.

Menurut Fadli, Prabowo pasti akan mengajak semua mitra koalisi untuk duduk bermusyawarah bersama. “Pak Prabowo tidak pada posisi seperti itu (menyeleksi langsung). Nanti duduk bersama,” kata Fadli.

Seperti diketahui, PKS menyeleksi dan menyiapkan sembilan kadernya untuk posisi capres atau cawapres 2019. Satu dari Sembilan nama ini akan diputuskan oleh Majelis Syura PKS.

Sembilan nama tersebut ialah Ahmad Heryawan, Hidayat Nurwahid, Anis Matta, Irwan Prayitno, Sohibul Iman, Salim Segaf Al Jufri, Tifatul Sembiring, Al Muzzammil Yusuf, dan Mardani Ali Sera. (boy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Bursa Cawapres Jokowi: Posisi Cak Imin Menguntungkan


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler