Reuni Jebolan Timnas U-19 di Persebaya Surabaya

Masih Adaptasi, Guyonan Harus Dikurangi

Jumat, 12 Desember 2014 – 06:26 WIB
Dari kiri, M. Hargianto, Ilham Udin Armaiyn, Zulfiandi, M. Fatchu Rochman, Putu Gede Juni Antara, Evan Dimas Darmono, dan Sahrul Kurniawan. Nuris Andi P/Jawa Pos/JPNN.com

jpnn.com - Meski secara usia lebih cocok ke ISL U-21, tujuh mantan personel timnas U-19 berpeluang masuk skuad utama Persebaya. Mereka merasa beruntung mendapat dispensasi dari kampus.

Laporan Nuris Andi Prastiyo, Surabaya

BACA JUGA: Rudi Garcia Salahkan Dewi Fortuna

REUNI kecil berlangsung di lapangan Brigif Marinir, Sidoarjo, Rabu sore (10/12). Tujuh mantan penggawa tim nasional (timnas) U-19 untuk kali pertama berlatih bersama di klub baru mereka, Persebaya Surabaya.

Mereka adalah Evan Dimas Darmono, Ilham Udin Armayn, Putu Gede Juni Antara, Fatchu Rohman, M. Hargianto, Zulfiandi, dan M. Sahrul Kurniawan. Kecuali Evan yang baru pulang dari Hanoi, Vietnam, untuk membela timnas senior di Piala AFF 2014, enam mantan personel tim juara Piala AFF 2013 itu berlatih bersama rekan-rekan baru mereka di Persebaya sejak 29 November.

BACA JUGA: Tridente Barcelona Mulai Makan Korban

Tapi, Ilham dan Putu Gede lantas berangkat ke Jogjakarta pada awal bulan ini untuk mengikuti seleksi timnas U-23. Jadi, baru kemarin tujuh mantan personel tim yang lolos ke putaran final Piala AFC U-19 2014 itu benar-benar komplet berlatih bersama.

”Senang sekali bisa kumpul kembali dengan teman-teman lama meski tidak semuanya,” kata Evan, arek Suroboyo yang juga kapten timnas U-19.

BACA JUGA: Ini Kata JK soal Pembekuan PSSI

Bercanda dan saling ledek pun menjadi menu mereka selepas latihan. Karena menjadi satu tim dan berlatih serta bermain bersama sekitar tiga tahun, praktis ketujuhnya saling tahu kelemahan masing-masing sebagai bahan ledekan.

Tapi, di balik segala kegembiraan itu, para mantan penggawa timnas U-19 tersebut sadar bahwa mereka menghadapi babak baru dalam karirnya. Kalau di skuad Garuda Jaya –julukan timnas U-19– dulu ketujuhnya hampir selalu menjadi pilihan utama, kini jaminan itu tidak ada lagi.

Mereka harus siap berebut tempat dengan para pemain senior yang kenyang pengalaman seperti Siswanto, Otavio Dutra, dan Jendri Pitoy. ”Kendala sih enggak ada, Mas. Mungkin perlu adaptasi dengan tim saja mengingat kan baru. Satu lagi, guyonannya harus dikurangi, enggak kayak di timnas U-19 dulu,” ujar Putu Gede.

Meski tahu bahwa persaingan bakal berat, mantan penggawa Garuda Jaya itu yakin bisa menembus first team. ”Asalkan bekerja keras dan latihan dengan disiplin, saya siap bersaing dengan pemain mana saja untuk mendapatkan kepercayaan pelatih,” kata Ilham.

Sebenarnya, dengan usia yang rata-rata belum genap 20 tahun, tujuh mantan personel Garuda Jaya itu masih bisa memperkaya pengalaman di Indonesia Super League U-21 bersama Persebaya U-21. Tapi, jika memang peluang masuk tim utama terbuka, mereka tidak mau menyia-nyiakannya.

Apalagi, Ibnu Grahan, asisten pelatih Persebaya, memuji progres anak-anak muda yang berasal dari berbagai kota itu. ”Secara fisik, mereka oke. Tetapi, perlu adaptasi biar skill mereka bisa menyatu dengan pemain senior lainnya,” terang Ibnu.

Ibnu yakin dengan penanganan yang tepat, para mantan pemain timnas U-19 itu bakal berkontribusi besar terhadap Persebaya. ”Mereka punya kesempatan bersaing dengan pemain senior,” lanjutnya.

Lalu, di tengah kesibukan menggembleng diri bersama klub baru, bagaimana tujuh pemain itu membagi konsentrasi dengan pendidikan? Sebab, mereka sudah tercatat sebagai mahasiswa semester pertama jurusan pendidikan kepelatihan di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Evan juga tercatat sebagai mahasiswa Universitas Dr Soetomo, Surabaya.

”Beruntung, kami semua mendapatkan dispensasi dan kelonggaran dari pihak kampus. Yang jelas, kalau ada waktu luang, saya akan datang ke kampus dan menyelesaikan tanggungan saya,” terang M. Hargianto.

Dispensasi itu juga termasuk dalam mengerjakan tugas rutin. ”Kalau tugas, bisa dikirim via e-mail. Saya juga punya kontak telepon dan alamat e-mail masing-masing dosen,” ujar Hargianto. (*/c6/ttg)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ajaib, Malaysia Susul Thailand ke Final AFF


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler