RI-Malaysia Kejar Pelaku Pemulangan TKI yang Kabur

Senin, 23 Juni 2014 – 15:16 WIB

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa menyatakan saat ini pihak Kepolisian Malaysia maupun Indonesia sedang mencari pelaku yang memulangkan para TKI dari negara tersebut dengan menaiki kapal pum-pum. Pencarian ini dilakukan menyusul terjadinya dua kecelakaan kapal pengangkut TKI itu di perairan Malaysia.

"Dari Malaysia, kita juga sudah menerima data dari seseorang pelaku atau yang mengatur pemulangan TKI kita ini. Dia melarikan diri ke Indonesia. Kita sedang berupaya menemukan orang yang bertanggungjawab atas ini semua," ujar Marty di kompleks Istana Negara, Jakarta, Senin, (23/6).

BACA JUGA: Jamin Seleksi CPNS tak Ada Permainan

Marty dalam keterangannya ini belum menjelaskan identitas pelaku yang tengah dikejar tersebut. Sementara itu, terkait penumpang di dua kapal yang tenggelam, kata dia, saat ini masih terus dilakukan pencarian. Korban TKI  yang tewas telah dipulangkan ke keluarga masing-masing.

"Kita terus berkomunikasi dengan pihak Malaysia agar upaya-upaya penyelamatan dan penemuan korban lainnya kita lanjutkan," tegas Marty.

BACA JUGA: Ibu Negara Berharap Presiden Mendatang Peduli Sanitasi

Para TKI yang menumpang dua kapal itu berencana pulang ke tanah air untuk menunaikan ibadah puasa dan Lebaran di kampung halamannya masing-masing. Kebanyakan menuju ke Aceh. Mengingat sarana transportasi laut dianggap tidak aman saat ini, Marty mengimbau agar para TKI pulang dengan transportasi lain yang lebih terjamin keamanannya.

"Kedutaan kita yang ada di Kuala Lumpur saat ini juga sedang mengatur sarana pulang mudik yang murah dan aman," tandas Marty.(flo/jpnn)

BACA JUGA: Suap Akil, Wawan Dihukum Lima Tahun Penjara

BACA ARTIKEL LAINNYA... Obor Rakyat Akan Terus Terbit


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler