RI-Singapura Sepakati Batas Laut

Selasa, 03 Februari 2009 – 05:49 WIB
JAKARTA - Negosiasi mengenai batas laut antara Indonesia dan Singapura akhirnya menemui hasilPemerintah kedua negara kemarin menyepakati batas laut teritorial, yakni segmen tengah atau segmen barat.

Presiden SBY menjelaskan, kesepakatan perbatasan adalah menyangkut segmen barat, terutama sebelah utara Pulau Nipah

BACA JUGA: Mahasiswa NU se Jawa Ngumpul di Bogor

Kesepakatan itu dinilai penting karena dari sisi geoekonomi dan geopolitik, kesepakatan tersebut telah menciptakan kepastian bagi kedua negara.

"Dengan telah pastinya garis batas ini, pengembangan ekonomi Indonesia di wilayah itu, termasuk kerja sama Indonesia dengan Singapura dan Malaysia, akan semakin baik," ujar presiden di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (2/2).

SBY menjelaskan, perbatasan teritorial Indonesia dengan Singapura tergolong daerah strategis, mengingat dulu kawasan itu dikenal dengan sebutan segitiga emas
"Saudara, ingat kerja sama segitiga pertumbuhan Sijori (Singapura, Johor, Riau) dan juga kerja sama lain, apalagi kita telah menetapkan kawasan Batam, Bintan dan Karimun sebagai Free Trade Zone," lanjutnya.

Mantan Menko Polkam tersebut juga menambahkan, dari sisi keamanan, kerja sama tersebut juga berperan penting untuk menentukan mana wilayah Indonesia dan mana wilayah Singapura

BACA JUGA: Tinggal Tunggu Putusan TPA

Presiden menjelaskan, batas laut teritorial antara Indonesia dan Singapura mendapatkan persetujuan bersama
Pada segmen tengah dari batas laut teritorial ini ditetapkan pada 1973

BACA JUGA: KASAD Ingatkan Purnawirawan

"Artinya, 36 tahun lalu, setelah itu belum ada perundingan lanjutan dan kemudian bulan Februari 2005, dimulai perundingan agar ada kemajuan setelah puluhan tahun terhenti," ungkapnya.

SBY memaparkan liku-liku negosiasi dan membutuhkan komitmen dan kesungguhan untuk menyelesaikannya"Saudara tahu negosiasi masalah perbatasan, baik darat maupun laut, selalu tidak mudahTetapi, setelah dilakukan negosiasi yang sangat intens, akhir tahun lalu telah dicapai kesepakatan untuk itu," sebutnya.

Dalam kesempatan itu, presiden mengucapkan selamat dan terima kasih kepada juru runding IndonesiaDengan jelasnya batas ini, maka pemerintah akan segera mengembangkan kegiatan-kegiatan ekonomi di kawasan itu(iw/kim)

BACA ARTIKEL LAINNYA... AKhirnya Rekan Jusuf Akui Terima MTC


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler