Riau Sampaikan 'Green PON' di Konferensi Olahraga Dunia

Minggu, 01 Mei 2011 – 19:57 WIB
DOHA - Provinsi Riau yang akan menggelar Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII tahun 2012, hadir di 9th World Conference On Sports and The Environment (Konferensi Dunia Olahraga dan Lingkungan ke-9)Konferensi tingkat dunia ini digelar oleh International Olympic Committee (IOC) dan dihadiri oleh sekitar 540 delegasi IOC dari seluruh dunia.

Seluruh rangkaian acara berlangsung di Hotel Sheraton, Doha, Qatar, serta dibuka Sabtu (30/4) malam waktu setempat oleh Presiden IOC Jacques Rogge dan Presiden Qatar Olympic Committee Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani

BACA JUGA: Wenger: Beban Fabregas Terlalu Berat

Direncanakan, konferensi ini akan berlangsung hingga tanggal 2 Mei mendatang.

Kepada JPNN, Ketua Umum KONI Rita Subowo mengatakan bahwa kehadiran KONI dan perwakilan Provinsi Riau dalam acara konferensi ini sangat penting artinya
Terutama karena Riau akan menggelar dua event besar olahraga, yakni Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII tahun 2012, serta Islamic Solidarity Games (ISG) III pada tahun 2013.

"Tema utama konferensi ini adalah menciptakan keselarasan penyelenggaraan dengan menjaga lingkungan

BACA JUGA: Serena dan Venus Williams Transfer Motivasi

Inilah nantinya yang akan menjadi konsep kita bersama para (anggota) IOC seluruh dunia, di setiap gelaran event olahraga," kata Rita.

Rita mengatakan, momentum hadir di konferensi olahraga tingkat dunia ini memiliki arti penting pula bagi Riau
Khususnya untuk mempromosikan Green PON yang memang sudah dicanangkan sebelumnya.

"Jadi saya kira, inilah momen yang sangat tepat untuk Riau (agar) dikenal dunia

BACA JUGA: Berharap Berkah Royal Wedding

Saya yakin sekali, sambutan dari dunia olahraga pada Provinsi Riau yang sudah lebih dulu mencanangkan Green PON, akan sangat positifIni juga menjadi komitmen kita bersama untuk berbagai event olahraga lainnya di Indonesia," jelasnya.

Sementara, Presiden IOC Jacques Rogge mengatakan, dunia olahraga saat ini sudah menjadi ajang pengumpulan massa yang luar biasaMakanya dalam berbagai event, baik (di tingkat) regional, nasional atau internasional, nantinya setiap IOC di seluruh negara dunia harus menerapkan konsep menjaga lingkungan selain juga sportifitas.

"Ini satu langkah nyata kita untuk mengubah pandangan kita tentang menjaga lingkunganSemua kegiatan olahraga di dunia, harus mengedepankan konsep lingkungan dan sportifitas," kata Rogge.

Ketua KONI Riau, Syamsurizal pun mengatakan bahwa Riau memang sudah lama mencanangkan Green PONKomitmen ini sekaligus akan menjadi langkah lanjutan saat menjadi tuan rumah ISG, tahun 2013 mendatangSelain Syamsurizal, delegasi dari Riau sendiri dalam kesempatan ini diwakili oleh anggota PB PON Surya Maulana.

"Sebelum dunia olahraga membuat konferensi dengan mengangkat tema sportifitas dan menjaga lingkungan, kita sudah lebih awal melakukan komitmen tersebut dengan mencanangkan Green PON," kata Syamsurizal pula.

Maksud dari Green PON itu sendiri, jelas Syamsurizal, adalah bukan hanya soal menciptakan lingkungan atau fasilitas olahraga yang hijauNamun sekaligus juga mengajak seluruh elemen masyarakat, baik atlet, official (tim), panitia hingga penonton, untuk ikut menjaga lingkungan di sekitar arena pertandingan.

"Cakupannya luas, untuk mengedepankan sportifitas dalam berolahragaSelanjutnya, kita akan mensosialisasikan hasil konferensi ini nantinya ke daerahAjang ini menjadi kesempatan bagi Riau khususnya untuk mempromosikan Green PONKarena pada tahun 2013, 57 negara akan hadir di ISG yang digelar di Riau," ucap Syamsurizal lagi(afz/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Tiket Terakhir untuk Gresik United


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler