Riau Terpilih Jadi Tuan Rumah ISG 2013

Kamis, 28 April 2011 – 16:15 WIB
JEDDAH—  Provinsi Riau mendapat kepercayaan menggelar event berskala internasionalMenjelang kesiapan final menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII tahun 2012, Negeri Lancang Kuning secara aklamasi dipilih menjadi tuan rumah Islamic Solidarity Games (ISG) tahun 2013.

Penetapan Riau menjadi tuan rumah ISG ke-3 tahun 2013 mendatang, setelah Islamic Solidarity Sport Federation (ISSF) menetapkan Indonesia menjadi tuan rumah penyelenggaraan event olahraga yang diikuti 57 negara Islam sedunia tersebut

BACA JUGA: Ditekuk Barca, Mourinho Tuding Faktor Konspirasi

Sebelumnya event empat tahunan ini digelar di Jeddah dan Iran.

Penunjukan Provinsi Riau menjadi tuan rumah ISG III tahun 2013, secara resmi berlangsung di Jeddah Conference Palace, Kamis (28/4)
Dalam acara Host Country Aggreement ISG III-2013 hadir Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Andi Alfian Malarangeng, Ketua Umum KONI, Rita Subowo dan Gubernur Riau HM Rusli Zainal

BACA JUGA: Nova Sulit Bendung Hasrat

Dari pihak ISSF hadir Executive Vice President dan Chief Executive Bureau HRH Prince Faisal Fahd Abdul Aziz.

Menpora Andi Malarangeng pada JPNN mengatakan, Indonesia patut berbangga dipercaya menjadi tuan rumah ISG III tahun 2013
Karena event ini bisa menjadi moment kebangkitan olahraga di tanah air

BACA JUGA: Dua Bomber Bikin Keder

Setelah di tahun 2011, Indonesia juga menjadi tuan rumah SEA Games tepatnya di Palembang.

"Dipilihkan Provinsi Riau, karena dari segi infrastruktur venues dan kesiapan panitia, sangat terbantu karena tahun 2012 Riau menjadi tuan rumah PON XVIIIKita juga ingin mengembangkan event internasional tidak hanya di Jawa tapi menjalar ke daerah-daerah," kata Andi.

Andi mengatakan, meski bernama ISG namun penyelenggaraannya juga diikuti oleh atlet-atlet non muslimPenyelenggaraan ISG disebut sekelas dengan Commonwealth Games (Pekan Olahraga Persemakmuran Inggris) ataupun Olimpiade.

"Moment ini semakin menguatkan peran Indonesia di dunia internasionalApalagi saat ini kita menjadi Ketua ASEAN dan masuk dalam negara G-20Bahkan Presiden SBY pun telah memberikan dukungan penuh untuk menjadi ruan rumah ISG tahun 2013 mendatang," kata Andi.

Ketua Umum KONI, Rita Subowo mengatakan, dipilihnya Riau menjadi tuan rumah ISF III tahun 2013 bukan hanya memberi keuntungan bagi pemerintah, tapi juga bagi masyarakat di Provinsi RiauDiperkirakan akan ada 4.000 atlet dari 15 cabang olahraga yang dipertandingkan, mengunjungi Indonesia khususnya RiauDitambah dengan 6-7 ribu official, belum termasuk suporter.

"Mereka  berasal dari 57 negara-negara Islam di seluruh duniaIni juga akan memberikan motivasi bagi atlet-atlet kita, untuk terus bersaing di tingkat nasional dan internasional," kata Rita.

Sementara itu, Gubernur Riau Rusli Zainal mengatakan, dipercayanya Riau menjadi tuan rumah ISG III tahun 2013 merupakan suatu kehormatan setelah digelarnya PON XVIII tahun 2012Hal ini disebut Rusli sebagai tonggak sejarah baru bagi masyarakat Provinsi Riau.

"Kita semakin berbenah di bidang infrastrukturStadion olahraga dan venue-venue kita akan berstandar internasionalEkonomi dan sosial masyarakat juga akan terangkatEvent ini akan membawa multiplayer effect yang sangat besar bagi masyarakat Riau," kata Rusli.(afz/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Arema Bertekad Patahkan Rekor


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler