Ribuan Guru PPPK di 4 Daerah Bergembira, Sudah 6 Orang Dipecat Gegara Akhlak

Selasa, 25 Juli 2023 – 10:20 WIB
Ribuan guru resmi berstatus ASN PPPK guru. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Pada beberapa bulan terakhir ini sejumlah pemda menyerahkan Surat Keputusan Pengangkatan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja atau PPPK formasi 2022 di daerah masing-masing.

Termasuk pada Senin (24/7), tercatat ada 4 pemda yang menyerahkan SK pengangkatan PPPK, termasuk PPPK guru, yakni Pemprov Jateng, Pemkot Surabaya, Pemkab Tangeran, dan Pemkab Ciamis.

BACA JUGA: Tips Sederhana agar PPPK Mendapat Kenaikan Gaji Istimewa, Full Senyum deh

Selain 4 pemda tersebut, tidak tertutup kemungkinan di daerah-daerah lain juga ada pelantikan PPPK.

Khusus PPPK Guru formasi 2022, di lingkup Pemprov Jateng terdapat 4.278 orang, di Pemkot Surabaya 1.476 guru, di Kabupaten Tangerang 475 PPPK guru, dan di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, 1.088 PPPK Guru.

BACA JUGA: PermenPAN-RB 7 Tahun 2023 tentang Kenaikan Gaji Berkala & Istimewa Bagi PPPK, Lengkap!

Bupati Ciamis Herdiat Sunarya mengatakan, sejak 2020 sudah ada 6 PPPK yang tidak diperpanjang kontraknya, alias dipecat.

Guru PPPK Kota Surabaya

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi pada Senin (24/7) menyerahkan SK pengangkatan PPPK kepada 1.476 guru.

BACA JUGA: DPR Menggebu-gebu Semua Honorer jadi PNS & PPPK, Percuma Saja

"PPPK alhamdulillah surat keputusan sudah turun dari BKN dan selesai," kata Eri Cahyadi seusai acara penyerahan Surat Keputusan Pengangkatan PPPK yang berlangsung di Arif Rahman Hakim Convention Hall.

Dia menyampaikan bahwa pemerintah kota mengalokasikan dana tunjangan kinerja guru PPPK dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2023.

"Masuk anggaran tahun 2023 ini. Gaji pokok PPPK yang ditetapkan pusat ditambahkan ada tunjangan kinerja, maka harus lebih tinggi dari tenaga kontrak yang ada di Surabaya, karena PPPK sudah ada surat keterangan diangkat oleh pemerintah pusat," ujarnya.

"Saya titip ke guru untuk mengajar dengan kasih sayang," pesan Eri Cahyadi kepada para guru yang sudah diangkat menjadi PPPK

PPPK Guru Kabupaten Tangerang

Pada hari yang sama, 475 guru di Kabupaten Tangerang, Banten, menerima SK pengangkatan sebagai PPPK formasi 2022.

"Selamat kepada 475 PPPK guru yang hari ini mendapatkan SK Bupati Tangerang. Saya minta saudara sekalian harus memenuhi seluruh ketentuan peraturan kepegawaian yang berlaku," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tangerang Moch Maesyal Rasyid di Tangerang, Senin.

"Pengangkatan PPPK tahun anggaran 2022 tersebut berjumlah 475 formasi dari calon PPPK dengan status P1," tambahnya.

Anas Irfan, salah seorang penerima SK PPPK menyampaikan syukur atas SK yang diterimanya.

"Terima kasih kepada bapak bupati, karena telah mengangkat kami, walaupun ada juga teman kami yang mengundurkan diri. Tetap semangat, tunjukkan loyalitas kita kepada Kabupaten Tangerang," kata dia.

Ganjar Pranowo Melantik 14.505 ASN PNS dan PPPK

Sementara, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo melantik 14.505 ASN PNS dan PPPK.

Belasan ribu ASN lingkup Pemprov Jateng yang dilantik di GOR Jatidiri Semarang, Senin, itu terdiri atas 991 PNS formasi tahun 2021, 8.998 PPPK formasi 2021, dan 4.515 PPPK formasi tahun 2022.

Khusus untuk PPPK formasi tahun 2022 terdiri atas 4.278 tenaga fungsional guru, 138 tenaga fungsional teknis, dan 99 tenaga fungsional kesehatan.

Ganjar mengaku selama ini terus berkomunikasi dengan KemenPAN-RB khususnya terkait rekrutmen ASN karena masih banyak orang yang merasa memenuhi syarat, tetapi belum bisa mendapatkan alokasi.

"Di sisi lain ini belum selesai karena masih banyak yang merasa bahwa mereka memenuhi syarat, tetapi belum mendapatkan alokasinya. Ini yang kita bicarakan terus sampai hari ini dengan Menpan RB. Saya senang karena Pak Menpan RB sering komunikasi dengan saya," ujar bakal Capres 2024 yang diusung PDI Perjuangan itu.

Sudah Ada 6 PPPK Dipecat

Bupati Ciamis Herdiat Sunarya saat melantik 1.159 PPPK mengatakan sudah ada 6 orang ASN PPPK yang dipecat.

"Hati-hati, akhlak bapak ibu jaga sebaik-sebaiknya, sudah 6 orang PPPK sejak tahun 2020 yang sudah saya pecat karena mempunyai akhlak yang tidak baik," kata Bupati Ciamis saat pelantikan 1.159 PPPK Guru dan Tenaga Teknis formasi tahun 2022 di Gedung KH Irfan Hielmy, Kabupaten Ciamis, Senin.

Disebutkan, jumlah PPPK yang baru dilantik itu terdiri 1.088 orang guru dan sisanya 71 orang tenaga teknis yang siap bertugas di sejumlah instansi Pemkab Ciamis dan sekolah. (sam/antara/jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!


Redaktur & Reporter : Soetomo Samsu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler