Ribuan Kiai Muda di Jatim Kepincut Mendukung Ganjar Pranowo

Rabu, 30 November 2022 – 19:39 WIB
Para kiai muda yang ada di Ngawi mendeklarasikan dukungan kepada Ganjar Pranowo. Dok sukarelawan Ganjar.

jpnn.com, NGAWI - Ribuan kiai muda yang ada di Kabupaten Ngawi, Jawa Timur (Jatim) menggelar doa dan selawat bersama. Mereka berdoa agar bangsa Indonesia lebih maju, sejahtera, dan aman untuk semua orang.

Dalam doa itu mereka juga berharap agar Indonesia mendapatkan pemimpin yang baik, nasionalis, cinta kepada rakyat, peduli terhadap pesantren, menjunjung tinggi toleransi, diterima semua kalangan, dan punya program terbaik.

BACA JUGA: Didukung Milenial Sulsel jadi Presiden 2024, Ganjar Disebut Pemimpin Gammara

Mereka menilai sosok pemimpin tersebut adalah Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.

Dalam kesempatan itu mereka juga mendeklarasikan dukungan Ganjar untuk maju sebagai capres 2024. Deklarasi diikuti oleh para kiai, ulama, dan pimpinan pondok pesantren (Ponpes) di Lembaga Pendidikan Al Hidayah, Desa Dari, Tawun, Kasreman, Ngawi.

BACA JUGA: Ganjar dan MUI Berkolaborasi Wujudkan Generasi Muda Antinarkoba

Pendiri Lembaga Pendidikan Al Hidayah, Nasrodin Alwi mengatakan figur Ganjar Pranowo sangat dekat dengan kalangan pesantren dan anak muda.

Dia melihat bahwa ada banyak program kerja unggulan Ganjar di kalangan santri, salah satunya ekonomi pesantren.

BACA JUGA: Puji Ganjar Pranowo, Ketua KPK: Terima Kasih, itulah Cita-cita Kita Harus Bersih dari Korupsi

"Program Bapak Ganjar sendiri adalah itu ada yang berkaitan dengan pondok pesantren, yaitu ekonomi pesantren. Itu yang membuat kita sebagai kiai muda, semangat untuk mendukung beliau sebagai presiden 2024," kata Nasrodin dalam siaran persnya, Rabu (30/11).

Program ekonomi pesantren yang digagas Ganjar membuat para santri dan ponpes mendapatkan pelatihan hingga pendampingan untuk pengembangan usaha.

Dengan program itu, Ganjar mendorong kemampuan pesantren untuk menggerakan perekonomian di lingkungan masyarakat sekitar.

Ganjar juga terus menjalankan amanat UU Pesantren Nomor 18 tahun 2019 yang mengharuskan setiap pemerintah daerah memfasilitasi pondok pesantren. Antara lain fasilitas pendidikan, pendampingan, hingga pemberdayaan para santri yang diproyeksikan melahirkan kalangan santri yang lebih unggul dan kompetitif.

Dari program tersebut, kata Nasrodin, kinerja Ganjar sebagai seorang pemimpin sudah terbukti. Terlebih lagi, Nasrodin menyebut program itu melibatkan dan menitikberatkan pada pengembangan kuwala muda, dalam hal ini santri.

"Bagaimana program beliau, bagaimana karakter beliau, dan bagaimana beliau dengan anak muda zaman sekarang. Itu sangat bagus sekali," katanya. (cuy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Dorong Program Ekotren, Ganjar Didukung jadi Presiden oleh Ratusan Santri di Jember


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler