Ribuan Nasabah Serbu Kantor BRI Batam Usai Terima SMS Ini

Minggu, 25 Maret 2018 – 07:15 WIB
Sejumlah nasabah melakukan pengecekan kartu ATM BRI di kantor BRI Cabang Nagoya Batam, Sabtu (24/3). Mereka melakukan pengecekan setelah mendapat pesan singkat dari pihak Bank BRI tentang pemblokiran kartu ATM. F. Cecep M/BP

jpnn.com, BATAM - Ribuan nasabah Bank Rakyat Indonesia (BRI) Batam berbondong-bondong mendatangi kantor Cabang BRI yang sengaja dibuka pada Sabtu (24/3) pagi. 

Itu setelah sebuah SMS atau pesan pendek dari costumer service Bank-BRI masuk ke nomor ponsel para nasabah.

BACA JUGA: Pengusaha Wajib Sediakan Antar Jemput Pekerja Malam

Pesan singkat itu berbunyi "Yth Nasabah BRI, demi keamanan trx, kartu ATM anda akan dinonaktifkan. Segera ganti kartu Anda di Kantor Cabang BRI terdekat (gratis), info contact BRI 14017".

Sebelum mendatangi kantor BRI, sejumlah nasabah telah mendatangi ATM BRI terlebih dahulu.

BACA JUGA: Penambangan Pasir Darat Liar Kembali Marak di Batam

Anai, warga Batamcenter mengaku dapat pesan singkat dari BRI sekitar pukul 08.00 WIB. Dia yang memang punya tabungan di BRI pun khawatir dengan pesan tersebut dan langsung mengecek kondisi ATMnya.

"Benar, ATM saya diblokir tak bisa digunakan. Padahal tabungan saya cukup banyak di dalam," imbuh pria berusia 39 tahun ini.

BACA JUGA: Kran Impor Garam Industri Dibuka, Ini Respons HKI Kepri

Khawatir dengan keamanan tabungannya, Anai pun buru-buru ke Kantor Cabang BRI yang ada di Batam center. Di sana dia mendapati ratusan nasabah BRI sudah antre untuk ke bagian CS Bank BRI.

"Lumayan lama antrenya. Tadi datang jam 9, baru terlayani hampir jam 11. Soalnya banyak yang antre. Tapi Alhamdulillah, sudah selesai," terang Anai.

Saat di CS, petugas bank langsung menganti kartu ATM lamanya dengan yang baru. Menurut Anai, kartu ATM baru itu sengaja diganti karena lebih aman dan memiliki chip.

"Kata petugas bank demi keamanan. Kartu ATM lama diganti dengan yang pakai chip," ujar Anai.

Hal senada dikatakan Setiawan warga Tiban yang juga mengurus pergantian kartu usai dapat pesan singkat dari BRI.

"Tadi dapat nomor antrian 807. Disuruh datang untuk ganti baru, Alhamdulillah sudah aman," imbuh Setiawan.

Kepala Cabang BRI Batamcenter, Batam Eddy Iskandar membenarkan pesan singkat yang dikirim BRI ke seluruh nasabahnya. Pesan tersebut berlaku untuk seluruh nasabah BRI yang ada di Indonesia.

"Benar, pesan singkat itu untuk seluruh nasabah yang terdaftar menggunakan ATM. Berlaku serentak diseluruh nasional, jadi silahkan datang ke Kantor Cabang BRI," kata Eddy kepada Batam Pos (Jawa Pos Group).

Dikatakan Edy, tujuan pengiriman pesan singkat untuk mengantisipasi skimming (Tindakan pencurian informasi kartu debit atau kredit dengan cara menyalin informasi yang terdapat pada strip magnetik).

Karena itu, para nasabah diminta untuk segera menganti kartu ATM lama dengan kartu ATM baru yang memiliki chip.

"Untuk antisipasi skimming. Pergantian kartu tak dikenakan biaya alias gratis,"imbuh Eddy.

Menurut dia, pihak BRI sengaja memilih hari Sabtu dan Minggu untuk melayani nasabah yang hendak ganti kartu. Karena itu, pesan pendek dikirim pada Sabtu pagi kepada nomor nasabah yang terdaftar.

"Kami mengirim sms kepada seluruh nasabah, yang tidak menerima kemungkinan sudah ganti kartu. Karena saat pendaftaran pasti nasabah memberi nomor," ujar Eddy.

Karena itu, Eddy mengimbau agar seluruh nasabah BRI di Batam segera mengurus pergantian kartu ATM untuk keamanan. Pelayanan pada hari Sabtu dan Minggu dibuka di dua Kantor BRI di Batam yakni Kantor Cabang BRI Nagoya dan Kantor Cabang BRI Batamcenter.

"Pelayanan khusus di Kantor Cabang pada hari Sabtu dan Minggu, mulai pukul 09.00 WIB - 15.00 WIB. Namun pada hari biasa, bisa dilayani Bank BRI mana saja, termasuk unit," jelas Eddy.(she/leo)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pemerintah Jadikan Pulau Nipah Sebagai Pusat Lego Jangkar


Redaktur & Reporter : Budi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler