Ribuan Pemudik Motor Padati Pelabuhan Merak

Sabtu, 02 Agustus 2014 – 21:19 WIB

jpnn.com - CILEGON – Penumpang pejalan kaki dan kendaraan roda dua memadati Pelabuhan Merak. Para pemudik pejalan kaki tampak berjejalan memenuhi gangway di kawasan Pelabuhan Merak hingga Terminal Terpadu Merak (TTM). Mereka umumnya para penumpang yang akan menuju wilayah Jakarta, Bogor, Tangerang dan Bekasi (Jabotabek).

Dua unit bus bantuan dari Dishub Cilegon terlihat sibuk mengantarkan para penumpang dari Dermaga 4 dan 5 yang hendak menuju TTM.

BACA JUGA: Tiket KA Rute Sukabumi-Bogor Ludes Hingga H+6

“Jumlah penumpang para arus balik ini sudah mulai terlihat ramai. Sepertinya puncak arus mudik sudah dimulai,” kata Kepala UPTD TTM Dishub Cilegon Robbi Hidayat,  Sabtu (2/8).

Dia melihat tren kenaikan penumpang yang menggunakan bus dari TTM meningkat sejak H+1, atau Rabu (30/7). Katanya, pada H+1 jumlah penumpang arus balik sebanyak 8.166, jumlahnya bertambah pada H+2 yakni 10.814 dan H+3 semakin meningkat menjadi 17.740.

BACA JUGA: Puncak Arus Mudik, Tak Terjadi Lonjakan Penumpang di Bandara SSK II

“Sabtu (2/8) ini kami belum merekap, tetapi secara kasat mata jumlah penumpangnya lebih banyak dari kemarin,” terangnya.

Selain penumpang pejalan kaki, ribuan kendaraan roda dua memenuhi jalur-jalur keluar dari sejumlah dermaga di Pelabuhan Merak. Gelombang kendaraan motor dalam jumlah besar tersebut juga memenuhi jalur protokol Kota Cilegon hingga Serang.

BACA JUGA: PT KAI Angkut Motor Pemudik Gratis hingga 5 Agustus

Humas PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak, Mario S Oetomo, memprediksi, puncak arus mudik diprediksi masih akan berlangsung hingga Minggu (3/8). Ini lantaran esok harinya semua instansi pemerintah, BUMN dan swasta sudah masuk bekerja.

“Selain itu, sekolah sudah mulai melakukan kegiatan belajar mengajar (KBM). Karenanya kami berkomitmen meningkatkan pelayanan kepada para penumpang yang hendak kembali ke tempat kerja setelah berlebaran di kampung halaman,” katanya.

Sementara itu, Manager Operasional PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Bakauheni, Heru Purwanto mengatakan, jumlah pejalan kaki yang menyeberang pada H+4 mencapai 14.553 orang. Sementara penumpang di dalam kendaraan mencapai 42.085 orang.

“Total penumpang yang tercatat oleh kami mencapai 56.638 penumpang,” katanya saat dihubungi melalui telepon genggam.

Dia pun menerangkan, kendaraan yang melintas kemarin tercatat sebanyak 7.954 unit roda dua, 4.814 roda empat, serta 94 bus. Heru pun mengatakan apabila masih terdapat 395.994 pemudik yang belum kembali ke Pulau Jawa dan 39.199 kendaraan roda dua yang masih belum kembali.

”Sedangkan untuk kendaraan roda empat, masih terdapat 45.219 mobil yang belum kembali,” katanya. (quy/del)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kantor Pos Dibobol Maling, Duit Nasabah Rp27,6 Juta Amblas


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler