Ribuan Peserta Ikuti Audisi Umum PB Djarum 2023

Minggu, 02 Juli 2023 – 14:31 WIB
Jumpa Pers Audisi Umum PB Djarum 2023. Tahun ini ada ribuan peserta yang mengikuti ajang tersebut. Foto: dok. Bakti Olahraga Djarum Foundation

jpnn.com, KUDUS - Sebanyak 2.220 peserta mengikuti proses seleki Audisi Umum PB Djarum 2023 yang diselenggarakan di GOR Djarum, Jati, Kudus, Jawa Tengah, mulai hari ini hingga Kamis (6/7).

Dari Aceh ada 9 peserta, Jawa Tengah 1.063 peserta, Jawa Barat 300 peserta, Jawa Timur 233 peserta, Bali 15 peserta, Sumatera 76 peserta, Kalimantan 77 peserta, Sulawesi 76 peserta dan Papua 30 peserta.

BACA JUGA: Cari Pebulu Tangkis Berbakat, PB Djarum Kembali Gelar Audisi Umum 2023

Penyelenggaraan tahun ini menyasar dua kelompok, yakni U-11 dari usia 8 hingga 10 tahun, dan U-13 dengan usia 11 sampai 12 tahun.

Program Director Bakti Olahraga Djarum Foundation yang juga Ketua PB Djarum, Yoppy Rosimin mengatakan, audisi tahun ini mengangkat teman #TeruskanSemangatJuara.

BACA JUGA: 2 Pebulu Tangkis Putri Menarik Perhatian Tim Pencari Bakat Audisi Umum PB Djarum

"Kami harap para atlet dapat memanfaatkan kesempatan sebaik mungkin, serta menunjukkan performa maksimal selama mengikuti rangkaian Audisi Umum,” ucap Yoppy, dalam keterangannya, Minggu (2/7).

Ketua Tim Pencari Bakat Audisi Umum PB Djarum Sigit Budiarto menuturkan, sistem penilaian audisi tahun ini dirancang secara ketat untuk menjaring atlet berkualitas ‘super’ sesuai dengan kriteria yang diterapkan.

BACA JUGA: Audisi Umum PB Djarum Memasuki Tahap Kedua, Seleksi Lebih Diperketat

"Selain itu, pebulutangkis berkarakter dan memiliki semangat juang serta mental yang kokoh juga menjadi penilaian utama kami," kata Sigit, yang merupakan juara dunia sektor ganda putra pada 1997.

Rangkaian Audisi Umum PB Djarum 2023 dimulai dari tahap screening yang terbagi menjadi dua, yaitu bermain lima menit dan 10 menit.

Hal ini bertujuan agar kualitas bakat dan teknik atlet dapat terlihat dengan jelas. Selanjutnya adalah tahap turnamen yang dimaksudkan untuk melihat seberapa kuat mental para peserta dalam kompetisi.

Untuk kategori putra, para semifinalis di kelompok usia U-11 dan U-13 akan masuk ke tahap karantina. Di sektor putri, mereka yang berhak melaju ke tahap karantina adalah yang berhasil masuk ke babak final turnamen.

Pada tahap karantina yang berlangsung selama empat minggu, para peserta akan menjalani serangkaian tes yang meliputi dua aspek yakni tes fisik dan tes kesehatan.

Rangkaian tes bagi para atlet tersebut nantinya menjadi salah satu bahan pertimbangan Tim Pencari Bakat untuk meloloskan para atlet sebagai atlet PB Djarum, serta panduan bagi pelatih dalam menyusun program pembinaan.

Koordinator Tim Pencari Bakat Atlet Putra ialah Fung Permadi mematok sejumlah kriteria, salah satunya ialah feeling pukulan.

"Yang terpenting adalah faktor kondisi kesehatan atlet. Terlebih jika sudah lolos tahap karantina dan bergabung bersama PB Djarum, atlet yang terpilih tidak memiliki penyakit yang serius,” papar Fung.

Koordinator Tim Pencari Bakat Atlet Putri, Yuni Kartika menambahkan bahwa di antara kriteria yang ditentukan oleh PB Djarum, yang terpenting untuk dimiliki oleh atlet ialah konsistensi. Sebab, atlet usia dini masih harus menjalani proses pembinaan dalam jangka waktu panjang, kurang lebih 10 tahun. (jlo/jpnn)


Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler