Ribuan Siswa Dinyatakan Tak Lulus Unas SMA Sederajat

Senin, 19 Mei 2014 – 18:36 WIB

jpnn.com - JAKARTA - Kementerian Pendidikan dan kebudayaan (Kemendikbud) mengumumkan hasil penilaian ujian nasional (Unas) 2014 jenjang SMA sederajat. Hasilnya ada 8.970 siswa peserta ujian dinyatakan tidak lulus unas.

Mendikbud Mohammad Nuh mengatakan, untuk kelompok SMA/MA, ujian diikuti 1.632.757 siswa. Hasilnya sebanyak 1.624.946 siswa dinyatakan lulus ujian, dan sisanya sejumlah 7.811 siswa tidak lulus unas. Dengan capaian itu, tingkat kelulusannya mencapai 99,52 persen.

BACA JUGA: Pemerintah Disarankan Bangun Boutique Institute di Daerah

Sedangkan untuk Unas kelompok SMK/MAK diikuti 1.171.907 siswa. Kemendikbud menetapkan 1.170.748 siswa lulus ujian dan sisanya 1.159 siswa tidak lulus. Jika dipersentase, tingkat kelulusannya mencapai 99,9 persen.

Nuh menambahkan, nilai Unas murni dari seluruh Indonesia rata-ratanya hanya di poin/angka 6. Menurut Nuh, itu menunjukkan tidak adanya bukti contekan massal atau kebocoran soal ujian secara masif.

BACA JUGA: Kampus Tetapkan Porsi Nilai Unas dalam Kelulusan SNM PTN

Untuk analisis bidang studi, rata-rata siswa masih lemah di Bahasa Indonesia, terutama pada kompetensi menulis esai. Sedangkan di mata pelajaran matematika, siswa masih kesulitan pada kompetensi imajinasi dalam mengukur bidang-bidang.(wan/sof)

BACA JUGA: Pelajar Indonesia Raih 2 Award di Kompetisi Sains Los Angeles

BACA ARTIKEL LAINNYA... Peserta dari Bali-NTT Ikut Seleksi Beasiswa Dahlan di Lombok


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler