Ridwan Kamil Janji Bakal Adil untuk Semua Agama, Ini Programnya

Sabtu, 12 Oktober 2024 – 17:24 WIB
Calon Gubernur DKI Jakarta Ridwan Kamil saat bersilaturahmi dengan pemuka agama Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) di kawasan Cakung, Jakarta Timur pada Jumat (11/10). Foto: dokumentasi tim RIDO

jpnn.com, JAKARTA - Calon Gubernur Jakarta Ridwan Kamil mengaku akan menghadirkan rasa aman dan tenang bagi pemeluk agama apapun di Jakarta.

Menurut Ridwan Kamil, dirinya dan Suswono telah menyiapkan program berkeadilan bagi seluruh pemeluk agama.

BACA JUGA: PSI Sebut Pramono-Rano Karno Unggul Telak Lawan Ridwan Kamil-Suswono

Hal itu diungkapkannya silaturahmi dengan pemuka agama Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) di kawasan Cakung, Jakarta Timur pada Jumat (11/10).

“Pasangan RIDO merupakan satu-satunya pasangan yang secara jelas meletakkan pembentukan manusia Pancasila sebagai visi-misi kami,” ujar Ridwan Kamil

BACA JUGA: Ridwan Kamil Berkomitmen Wujudkan Jakarta Toleran dan Berkeadilan

“Sila Pertama tentang Ketuhanan, Sila Kelima tentang menjunjung keadilan saling menyublim dalam penciptaan program yang berkeadilan bagi seluruh pemeluk agama,” kata dia.

Dalam pertemuan dengan pemuka HKBP yang dipimpin Pendeta Bernard Manik terungkap beberapa aspirasi.

BACA JUGA: Partai Buruh Dukung Ridwan Kamil-Suswono, Said Iqbal Ungkap Survei Internal

Mereka berharap agar jumlah pengajar agama Kristen di sekolah negeri bisa disesuaikan dengan proporsi siswa.

Tak hanya itu, pria yang akrab disapa Kang Emil itu juga ingin agar pengurus jemaat Kristen bisa diberangkatkan ke tempat suci seperti halnya marbot masjid ke Mekah.

“Lantas untuk umat Muslim kita ada kegiatan Magrib Mengaji, untuk Kristen kita support Sekolah Minggu,” kata dia.

Pasangan RIDO juga memiliki program Dana Operasional Rumah Ibadah (DORI) untuk memfasilitasi jemaat seluruh agama serta penyaluran bantuan modal (Kredit Mesra) melalui rekomendasi pemuka agama.

Diskusi dengan pemuka HKBP bertujuan menggali dan melakukan pemetaan bersama sehingga program-program tersebut bisa berjalan lancar dan efektif saat diimplementasikan.

“Ini sebuah silaturahmi yang sangat luar biasa dan kita harapkan terbangun terus ke depan,” tuturnya.

Selain HKBP, pasangan RIDO bertemu sejumlah pimpinan Pusat Persekutuan Gereja-Gereja Pentakosta Indonesia (PGPI) di Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Dalam pertemuan itu, Ketua Umum PGPI Pendeta Jason Balompapueng menyampaikan bahwa pasangan RIDO punya visi, misi, dan program yang sejalan dengan harapan tokoh-tokoh agama di PGPI.

”Dan visi-misinya, program-programnya sangat baik. Membuktikan bahwa Jakarta akan lebih aman, ramah. Lebih menjaga kerukunan, toleransi,” ujar Pendeta Jason. (mcr4/jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!


Redaktur : M. Adil Syarif
Reporter : Ryana Aryadita Umasugi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler