Rifat Sebut Transmisi CVT Bikin Mitsubishi Xpander Makin Nyaman

Minggu, 30 Januari 2022 – 17:01 WIB
Mitsubishi Xpander 2021. Foto: ridho/jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Transmisi jenis continuously variable transmission (CVT) menjadi daya tawar baru di Mitsubishi Xpander 2021.

Tidak sekadar tampilan menawan, efisiensi dan peningkatan performa di New Xpander adalah tujuannya.

BACA JUGA: Pengumuman, R dan H Ditunggu di Sini, Buruan!

Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) mengeklaim teknologi CVT memberikan pengalaman berkendara baru di Xpander.

Lebih nyaman dan efisien berkat keseimbangan antara akselerasi maksimal juga tajam layaknya transmisi AT 8 percepatan, efisiensi bahan bakar, kerapatan, serta perpindahan gigi halus.

BACA JUGA: Mitsubishi Optimistis Xpander Masih Diminati Meski Tanpa Insentif PPnBM

"CVT sudah menjadi teknologi wajib untuk mobil zaman sekarang. Dengan CVT, friksi yang terjadi sangat sedikit. Hasilnya mengemudi jadi lebih menyenangkan karena tidak ada hentakan," kata duta merek Mitsubishi Indonesia, Rifat Sungkar dalam keterangan tertulis.

Menurut Rifat, melalui CVT tenaga Xpander menjadi lebih terasa terutama pada putaran mesin bawah ke menengah.

BACA JUGA: Tim Advokasi Novia Seret Orang Tua Bripda Randy, Soroti Soal Pesan WhatsApp

"Sangat berasa saat mencapai 3.000 rpm ke 3.500 rpm. Di situ seperti ada dorongan ekstra seakan mobil tidak ada hambatan sama sekali. Tenaganya itu seperti siap ditarik kapan saja," imbuhnya.

Pereli Indonesia itu mengakui bahwa pengguna mobil mungkin tetap melakukan "kick down" atau menginjak pedal gas dalam-dalam untuk mendapatkan akselerasi.

Namun, dia memgatakan hal itu tidak perlu dilakukan sebab pengguna New Xpander hanya perlu mempertahankan torsi di RPM tertentu untuk mendapatkan tenaga yang optimal.

"Ini berbeda dengan Xpander lama. Kick down memang ada tetapi pengguna bisa mempertahankan di RPM tertentu dan torsi akan mengeluarkan tenaga yang diminta," tutur Rifat.

Mitsubishi Xpander dipasangi mesin 1.5L MIVEC DOHC 16 Valve Euro 4 yang menghasilkan output maksimum 105 PS pada 6,000 rpm dan torsi 141 Nm pada 4.000 rpm.

Mesin Xpander juga telah memakai Exhaust Gas Recirculation (EGR) yang mampu mengurangi emisi gas buang serta menambah efisiensi bahan bakar.

Apalagi transmisi baru di Xpander berpadu dengan suspensi yang lebih besar pada bagian belakang.

Hal itu membuat multi purpose vehicle (mpv) andalan Mitsubishi itu makin lincah dan agresif. (rdo/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Saat Menaiki Kapal Perang Bima Suci, Jenderal Andika: Hebat Sekali


Redaktur & Reporter : Rasyid Ridha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler