Rinto Akui Hal ini Menjadi Tantangan Bagi AAI Jakarta Barat ke Depan

Jumat, 10 Februari 2023 – 20:05 WIB
Ketua DPC AAI Jakarta Barat Rinto Paulus Sitorus mengibarkan pataka AAI di depan Ketua Umum AAI Ranto Simanjuntak, pada pelantikan pengurus DPC AAI Jakarta Barat, di Jakarta, Jumat (10/2). Foto: Ist

jpnn.com - JAKARTA - Asosiasi Advokat Indonesia (AAI) terus mengembangkan sayap organisasi demi menjaga dan mempertahankan advokat sebagai profesi yang mulia dalam penegakan hukum.

Terbaru, AAI mengangkat dan melantik pengurus dan anggota AAI DPC Jakarta Barat periode 2023-2028 di Ballroom Hotel Mega Anggrek, Jakarta, Jumat (10/2).

BACA JUGA: Perkebunan yang Tak Membuka Hutan, Tak Wajib Bayar PSDH dan DR

Pelantikan dan pengangkatan sumpah dipimpin Ketua Umum AAI Ranto Simanjuntak.

Tema yang diangkat 'Save Nature and Artificial Intellegence Towards Progress Together'.

BACA JUGA: Lewat Kegiatan Ini, Bea Cukai Jalin Sinergi yang Makin Solid dengan TNI

Menurut Ketua DPC Jakarta Barat Rinto Paulus Sitorus, tema memiliki arti menjaga natural dan menjaga kecerdasan buatan menuju kemajuan bersama.

"Save natural artinya seluruh advokat di Indonesia, khususnya AAI DPC Jakarta Barat harus menghormati sejarah, senior atau sesepuh yang telah menjaga profesi advokat sebagai profesi yang mulia dalam penegakan hukum," ujar Rinto dalam keterangannya, Jumat (10/2).

BACA JUGA: Bea Cukai Gagalkan Peredaran BKC Ilegal di 3 Wilayah Ini, Begini Kronologinya

Sementera terkait kalimat artificial intellegence (AI), Rinto menyerbut kecerdasan buatan (AI) adalah bidang ilmu komputer yang dikhususkan untuk memecahkan masalah kognitif yang umumnya terkait dengan kecerdasan manusia, seperti pembelajaran, pemecahan masalah dan pengenalan pola.

"Ke depan advokat muda atau milenial harus mampu melihat peluang AI dalam hal memecahkan persoalan hukum, dengan membuat pola-pola yang terintegrasi bipartit," ucapnya.

Bipartit yang dimaksud Rinto yakni antara advokat dengan organisasi advokat.

Caranya, dengan membuat komputerisasi manajemen konflik antaradvokat dan membuat pendidikan lanjutan menuju program spesialisasi hukum.

"Ke depan organisasi advokat juga harus mempunyai basis spesialisasi, bukan lagi hanya mencari anggota, tetapi bertanggung jawab membimbing talenta keahliannya. Saya lihat itu dimulai di organisasi AAI ini," katanya.

Sementara itu, Kabid Humas DPP AAI Johanes Eduard Aritonang menyatakan dengan pelantikan pengurus DPC AAI Jakarta Barat, maka lengkap sudah organisasi AAI di Jakarta.

"AAI kini memiliki DPC yang tersebar di lima wilayah administrasi DKI Jakarta. Ini sangat baik untuk visi dan misi AAI dan sebagai rumah bernaung bagi para advokat. Jayalah AAI,” ucapnya.

Pada pelantikan kali ini Ketua DPC AAI Jakarta Barat Rinto Paulus Sitorus mengibarkan pataka AAI di depan Ketua Umum AAI Ranto Simanjuntak.

Susunan pengurus inti AAI DPC Jakarta Barat: Ketua Rinto E. Paulus Sitorus, Sekretaris Rhema Kristiono, Bendahara I Eka Trina Silaban, Bendahara II Novita Sari Sipahutar.

Pada kegiatan kali ini juga dilantik Dewan Penasehat serta Dewan Kehormatan AAI DPC Jakarta Barat.

"Tantangannya, AAI harus bisa memberi manfaat baik kepada masyarakat tidak mampu, buta hukum serta menjalin kerja sama dengan unsur pemerintah maupun swasta," kata Rinto. (gir/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... DPN Peradi Siap Jalin Kerja Sama dengan Malaysian Bar


Redaktur & Reporter : Kennorton Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler