DPN Peradi Siap Jalin Kerja Sama dengan Malaysian Bar

Kamis, 02 Februari 2023 – 16:47 WIB
DPN Peradi saat bersama Malaysian Bar. Dok Humas Peradi

jpnn.com, JAKARTA - Organisasi advokat Malaysian Bar mengunjungi DPN Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) untuk membahas sejumlah kerja sama dan berbagai kegiatan.

President of Malaysian Bar (MB) Karen Cheah Yee Lynn mengungkapkan alasan pihaknya memilih Peradi untuk melakukan sejumlah kolaborasi.

BACA JUGA: Peradi Dukung Upaya Perbaikan Sistem Peradilan

Menurutnya, Peradi merupakan satu-satunya wakil organisasi advokat Indonesia di berbagai organisasi advokat internasional, yakni Presidents of Law Associations of Asia (POLA), Law Asia (The Law Association and The Pasific), dan International Bar Association (IBA).

Pihaknya juga lama mengenal Peradi karena sama-sama di organisasi internasional tersebut.

BACA JUGA: Pesan Khusus Otto Hasibuan kepada 730 Advokat Peradi yang Baru Dilantik

“Kami telah menjalin hubungan dengan Peradi cukup lama, bertahun-tahun apabila kami pergi ke konferensi di luar negeri,” ujar dia dalam siaran persnya, Kamis (2/2).

Karen juga sempat menjelaskan bahwa Malaysia sama seperti Indonesia dan berbagai negara lainya, yakni menganut wadah tunggal (single bar) organisasi advokat.

BACA JUGA: Stanley Divonis 1 Tahun Penjara, Otto Hasibuan Bilang Begini

“Kami sepakat bahwa single bar itu lebih sehat, is a must,” ujar dia.

Kunjungan tersebut dilakukan untuk menambah erat hubungan MB dengan Peradi serta meningkatkan berbagai kerja sama yang telah terjalin.

“Supaya peguam-peguam (advokat) di kedua negara bisa bekerja sama. Kami amat berterima kasih kepada Peradi,” ucapnya.

Ketua Umum (Ketum) DPN Peradi Otto Hasibuan mengaku gembira mendapat kunjungan dari jajaran pengurus MB untuk menjalin dan meningkatkan berbagai kerja sama serta menyelenggarakan berbagai kegiatan.

“Sekitar 40 orang datang ke Indonesia untuk bertemu dengan Peradi dan kami bermaksud untuk mengadakan kerja sama dan juga akan mengadakan seminar,” katanya.

Adapun seminar internasional yang akan dihelat pada hari ini menghadirkan pembicara dari Peradi dan MB bertajuk “Cross-Border Debt Restructuring and Insolvency: Indonesian and Malaysia's Perspective” yang dihelat secara hybrid.

“Kami hendak bertukar pikiran mengenai beberap hal, termasuk hukum-hukum di Indonesia dan di Malaysia,” ujarnya.

Otto menyampaikan banyak hal yang akan dibahas untuk kerja sama kedua organisasi advokat ini untuk memajukan peran masing-masing di kancah internasional.

“Bagaimana caranya supaya setiap organisasi ini dapat go international. Saling mengetahui satu dengan yang lain, mengenai hukum-hukumnya, masyarakatnya, dan berbagai persoalan-persoalan yang terjadi di dunia internasional,” kata dia. (cuy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Otto Hasibuan: Peradi akan Terus Memperjuangkan Wadah Tunggal


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler