Rio Haryanto Terpaksa Galang Dana

Rabu, 02 Maret 2016 – 02:23 WIB
Rio Haryanto. FOTO: JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Kemenpora mencari terobosan dan melakukan berbagai cara untuk membantu Rio Haryanto, yang masih kekurangan dana meski sudah resmi membalap di F1 bersama Tim Manor Racing.

Selain mendorong agar Rio mendapat bantuan APBN melalui RAPBNP, Kemenpora bekerjasama dengan berbagai pihak juga melakukan beberapa cara penggalangan dana. Setelah menggagas penggalangan dana lewat sumbangan dari gaji Menpora dan pejabat Kemenpora secara sukarela, kini cara lain penggalangan dana sudah disiapkan.

BACA JUGA: Pelatih Persib Bandung Sedang Pusing

Bersama Ikatan Motor Indonesia (IMI) DKI Jakarta, dalam waktu dekat ini akan menggalang dana dengan melibatkan seluruh masyarakat Indonesia untuk menutup kekurangan 7 juta Euro dari 15 juta euro yang diminta Manor Racing.

Hal ini terungkap dalam konferensi pers bersama Kepala Bidang Komuikasi Publik Kemenpora Gatot S Dewa Broto bersama Deputi I Bidang Pemberdayaan Pemuda Yuni Poerwanti, Deputi II Bidang Pengembangan Pemuda Sakhyan Asmara, Deputi III Bidang Pembudayaan Olahraga Faisal Abdullah, dan Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Djoko Pekik Irianto di Media Center kantor Kemenpora, Jakarta, Selasa (1/3).

BACA JUGA: Hattrick Dzumafo Bawa Persela Lumat Persegres

Hadir pada konferensi pers ini Ibu Rio Haryanto, Indah Pennywati dan Ketua IMI DKI Jakarta Alfonsus Judiarto.

Sakhyan Asmara mengatakan Rio merupakan pemuda prestasi yang mengharumkan nama bangsa di kancah internasional. Melalui mobil balap jet darat tersebut, bendera Merah Putih akan berkibar dan dilihat banyak pasang mata.

BACA JUGA: 45 Menit Pertama, Joko Tingkir Vs Joko Samudro, Hasilnya?

“Untuk itu, jangan biarkan Rio berfikir mengenai dia akan mendapatkan sisa dana dari apa dan bagaimana. Biarkan Rio fokus dan konsentrasi dalam menyiapkan semuanya dalam menyambut balapan F1 yang akan datang,” tambah Sakhyan.

Sebagai kepedulian dan bentuk pertisipasi dalam menggalang dukungan untuk Rio, maka jajaran pimpinan Deputi Kemenpora akan membentuk kepanitiaan dalam mencarikan dana dan sponsorship untuk Rio.

“Ini merupakan aksi solidaritas. Tujuannya untuk bahu membahu membantu Rio. Kita akan mengadakan pelbagai macam cara. Bisa penggalangan dana, dan menyiapkan relawan untuk menjual stiker dan merchandise Rio Haryanto di kereta api, bandara, mal, dan fasilitas publik lainnya,” kata Ketua IMI DKI Judiarto.

Menurut Gatot, Kemenpora akan terus lakukan upaya-upaya dalam mencarikan alaternatif bantuan dana untuk Rio Haryanto. “Melalui APBN, kementerian lain seperti Kemenpar, BUMN-BUMN, atau pihak swasta,” kata dia.

Pada acara ini, Ibunda Rio Haryanto, Indah mengucapkan terima kasih kepada Menpora Imam Nahrawi telah memberikan dukungan yang besar kepada Rio Haryanto.

“Saya ingin memohon semua pihak untuk memberikan dukungan kepada Rio Haryanto,” tambah Indah yang baru datang mendampingi putranya menjalani debut tes pramusim Formula 1 di Barcelona, Spanyol.(dkk/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Arema Akhirnya Takluk Hadapi Pusamabia Borneo


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler