Rp 151 Miliar untuk Pengadaan Tanah

Selasa, 10 April 2018 – 23:48 WIB
Kota Palangka Raya masih memiliki banyak ruang terbuka hijau. Foto:JHONY PRIHANTO /KALTENG POS/JPNN.com

jpnn.com, SURABAYA - Pemkot menggelontorkan dana Rp 151 miliar untuk pengadaan tanah di empat lokasi.

Pembebasan tanah itu dilakukan untuk perluasan makam dan meningkatkan jumlah ruang terbuka hijau (RTH) di Surabaya.

BACA JUGA: Taman Ahok Versus Taman Anies, ini Perbedaannya

Empat lokasi tanah tersebut, di antaranya, Makam Keputih, Makam Warugunung, pembangunan kawasan hutan lindung pamurbaya, dan pembangunan lapangan di kawasan Simomulyo Baru.

"Pengadaan empat lokasi tersebut dilakukan tahun ini," kata Kepala Dinas Pengelolaan Bangunan dan Tanah Maria Theresia Ekawati Rahayu.

BACA JUGA: Fraksi PDIP: Stop Pembangunan Gedung Komersil di Lahan Hijau

Salah satu pembangunan bertahap itu dilakukan di Makam Warugunung.

Makam baru tersebut rencananya memiliki luas 78 hektare. Sementara itu, lahan milik pemkot di area tersebut hanya 3 hektare.

BACA JUGA: Bangun 16 Taman Baru Butuh Rp 2,4 Miliar

"Tahun\ini targetnya kami bebaskan 3 hektare lagi tanah di kawasan itu," terangnya.

Pembebasan 3 hektare lahan dilakukan di area langsung yang mengarah dari jalan raya ke makam. Pembebasan akses masuk itu penting agar Makam Warugunung bisa segera direalisasikan dan bisa digunakan.

Penggunaan makam tersebut sangat penting mengingat kebutuhan makam di Surabaya mendesak. Pembangunan Makam Warugunung juga bertujuan memecah kepadatan pemakaman di kawasan Keputih.

Setiap hari Makam Keputih menerima 50-100 pemakaman baru. Kepadatan itu wajar terjadi karena Makam Keputih menampung perkamanan penduduk yang tinggal di kawasan Timur, Selatan, Utara, dan Pusat.

Yayuk -sapaan akrab Maria Theresia Ekawati Rahayu- menyebutkan, Makam Keputih tahun ini bakal diperluas pemkot. Sementara itu, untuk kawasan lindung pamurbaya, pemkot menambah pengadaan lahan seluas 30 hektare. Namun, pengadaan tanah tersebut masih dalam penetapan lokasi. Sebab, belum ada kesepakatan warga.

Yayuk menambahkan, pemkot juga menambah fasilitas umum berupa lapangan dengan luas tanah yang dibebaskan mencapai 3.830 meter persegi. (elo/c25/git/JPNN)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Naik 4 Kali Lipat, Pemprov DKI Anggaran Rp 2 T untuk RTH


Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler