Rp 2 Miliar Per Tahun untuk Wifi di Surabaya

Kamis, 25 September 2014 – 00:16 WIB

jpnn.com - SURABAYA - Fasilitas publik di Surabaya dibikin senyaman-nyamannya agar warga semakin betah. Di taman-taman kota, ada tambahan fasilitas internet gratis yang bisa diakses 24 jam nonstop.

Data dinas komunikasi dan informatika (diskominfo) menyebutkan, tidak kurang dari 24 taman kota di Surabaya dipasangi pemancar wifi. Satu taman biasanya dipasangi satu pemancar. Kecuali taman gede, misalnya Taman Bungkul, yang punya dua titik.

"Taman baru pasti langsung dilengkapi wifi," ungkap Kepala Diskominfo Surabaya Antiek Sugiharti kemarin. Selain itu, hampir semua sentra PKL di Surabaya diberi fasilitas serupa. Total ada 19 lokasi sentra yang telah dipasangi fasilitas tersebut.

Anggaran untuk itu mencapai Rp 2 miliar tiap tahun. ''Itu termasuk wifi yang disediakan di kantor-kantor pemerintahan kota," ungkapnya.

Dia menuturkan, wifi tersebut bisa menarik masyarakat agar mau datang ke fasilitas publik. Termasuk, ke sentra PKL. Sentra Ikan Bulak (SIB) pun punya wifi. "Agar warga bisa menikmati internet secara gratis. Juga, menarik pengunjung ke sana," ungkapnya.

Sejatinya jaringan internet itu belum terlalu menarik minat warga. Masih banyak sentra PKL yang sepi. SIB hanya ramai saat pemkot mengadakan acara. 

Anggota DPRD Surabaya Herlina Harsono Njoto mengatakan, fasilitas semacam itu perlu ditingkatkan. Soal kualitas koneksi, misalnya. Bisa saja jaringan ada, tapi kecepatannya rendah. Fasilitas lain yang juga tidak kalah penting adalah lokasi parkir yang nyaman dan aman. (jun/c7/dos)

BACA JUGA: Puncak Kemarau sampai Akhir Oktober

BACA ARTIKEL LAINNYA... Minibus Pengantar Haji Masuk Jurang


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler