RS PGI Cikini Berganti Nama, Fasilitas dan Layanannya Meningkat

Rabu, 19 Januari 2022 – 02:01 WIB
Primaya Hospital PGI Cikini. Foto: dok for jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Rumah Sakit PGI Cikini resmi berganti nama menjadi Primaya Hospital PGI Cikini.

Pergantian tersebut menyusul dimulainya kerja sama antara Primaya Hospital Group dengan Yayasan Kesehatan Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia (Yakes PGI).

BACA JUGA: Kunjungi Lokasi Kebakaran di Jalan Pasir Cikini, Wali Kota Jakpus Bilang Begini

Kerja sama itu merupakan bagian dari komitmen dan transformasi antara Primaya Hospital Group dan Yakes PGI, untuk memodernisasi pelayanan dan fasilitas kesehatan di rumah sakit.

Primaya Hospital Group berkomitmen memenuhi kebutuhan layanan kesehatan di Indonesia dengan menerapkan standar nasional dan internasional dari Joint Commission International (JCI).

BACA JUGA: Polisi Gulung 2 Wanita, Korbannya Ratusan Orang dengan Kerugian Miliaran Rupiah

Berpengalaman selama 15 tahun, Primaya Hospital Group telah mengelola 14 rumah sakit secara profesional di berbagai kota, seperti Jakarta, Tangerang, Bekasi, Karawang, Sukabumi, Semarang, Pangkal Pinang, Makassar, Sorowako, dan Palangkaraya.

RS PGI Cikini sudah berusia 124 tahun dan telah menjadi rumah sakit rujukan dan pilihan masyarakat.

BACA JUGA: Berita Duka, Kasi Pemerintahan Desa Silangjana Tewas, Kondisinya Mengenaskan

Pemilihan mitra kerja sama yang dilakukan MPH PGI berlangsung melalui proses penjaringan yang panjang dan berhati-hati.

Bentuk kerja sama antara Primaya Hospital Group dan Yakes PGI akan diwujudkan dengan pola BOT (Build Operate Transfer) selama 30 tahun.

“Yakes PGI Cikini dan Primaya Hospital Group memiliki kesamaan visi dan misi untuk memberikan pelayanan kesehatan secara profesional dengan penuh kepedulian dan sentuhan kasih kepada pasien,” kata Ketum Yayasan Kesehatan PGI, dr. Alexander Ginting, dalam keterangannya.

Primaya Hospital PGI Cikini mulai menerapkan Hospital Information System dengan Electronic Medical Record, e-prescription, serta sistem radiologi (PACS) dan laboratorium (LIS).

Seluruhnya akan didukung oleh sistem informasi SDM (Human Resources Information System), sistem keuangan (Accounting Information System), sistem pengadaan (Corporate Central Purchasing), dan lainnya.

Layanan unggulan (Center of Excellence) yang sudah ada akan ditingkatkan dan yang belum akan ditambahkan.

Layanan unggulan Primaya Hospital PGI Cikini berfokus pada jantung, otak & saraf, pembuluh darah, kanker, orthopedi & trauma, urologi, serta ginjal dan hipertensi.

Sejak dimulainya kerja sama antara Primaya Hospital Group dan Yakes PGI pada 1 Agustus 2021, sejumlah modernisasi sudah diterapkan.

Mulai dari transformasi SDM, baik karyawan, perawat, dokter umum, dokter spesialis, maupun manajemen. L

Hal lain yang dilakukan ialah pengadaan teknologi MRI 1,5 Tesla untuk melengkapi pemeriksaan penunjang, pengadaan peralatan prioritas mobile x-ray, uroflowmetri, USG urologi, mikroskop mata, serta penggantian mesin anestesi.

Selain itu, dilakukan juga perbaikan atas berbagai peralatan prioritas di Primaya Hospital PGI Cikini, seperti angiografi dan mamografi.

Akses gedung juga diperbaiki untuk kemudahan pasien.

Demikian juga dengan penataan ulang poliklinik yang lebih terintegrasi per spesialisasi.

Termasuk peningkatan standar mutu yang mengutamakan patient safety dan telah lulus akreditasi KARS paripurna.

Primaya Hospital PGI Cikini akan membangun gedung baru di wilayah rumah sakit.

"Melalui kerja sama ini, seluruh layanan Primaya Hospital PGI Cikini menjadi prima dan modern berkat dukungan teknologi komprehensif serta dokter dan tim medis berpengalaman di bidangnya,” pungkas Leona A. Karnali, CEO Primaya Hospital Group Leona @. Karnali, dalam kesemoatan yang sama. (rdo/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Teka-teki Penyebab Kematian Bule Inggris di Bali Belum Selesai, Ada Temuan Baru


Redaktur & Reporter : Rasyid Ridha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler