RSUD Tangerang Sukses Operasi Jantung Perdana, Bang Zaki: Bisa jadi Medical Tourism

Sabtu, 16 Desember 2023 – 10:26 WIB
Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Tangerang berhasil melakukan tindakan operasi jantung terbuka untuk pertama kalinya pada Rabu (13/12) siang. Foto Humas Pemkab Tangerang

jpnn.com, KOTA TANGERANG - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Tangerang berhasil melakukan tindakan operasi jantung terbuka untuk pertama kalinya pada Rabu (13/12) siang.

Kesuksesan itu tentu saja menjadi capaian yang menggembirakan bagi masyarakat yang membutuhkan perawatan.

BACA JUGA: Honorer RSUD Karawang Jadi Korban Pembunuhan, Pelakunya Bapak-Anak, Motifnya

Terobosan layanan kesehatan itu diinisiasi oleh Ahmed Zaki Iskandar yang digadang-gadang bakal menjadi calon gubernur DKI Jakarta di Pilkada 2024.

Hal itu dilakukannya ketika menjabat bupati Tangerang dua periode mulai 2013-2023. 

BACA JUGA: Kabar Duka, Pj Bupati Lanny Jaya Meninggal Dunia di RSUD Tiom

Dengan makin meningkatnya berbagai fasilitas dan kemudahan kesehatan tersebut, akan membangun kepercayaan masyarakat terhadap layanan kesehatan di Indonesia, khususnya di Kabupaten Tangerang.

Juga membawa Tangerang menjadi salah satu medical tourism dalam negeri.

BACA JUGA: Bang Zaki Sebut Olahraga jadi Solusi Atasi Tawuran

“Makin lengkapnya pelayanan dan kenyamanan serta kemudahan akses, mulai transportasi, hingga kelengkapan fasilitas kesehatan tersebut, menjadikan Tangerang sebagai salah satu destinasi medical tourism,” kata Zaki, dalam keterangannya Sabtu (16/12). 

Bang Zaki, sapaan akrabnya, mengungkapkan keberhasilan operasi jantung yang perdana ini menjadi prestasi membanggakan. Pasalnya, Kabupaten Tangerang menjadi satu dari tiga daerah yang memiliki layanan bedah jantung terbuka di Provinsi Banten.

"Ini capaian luar biasa, memang harapan kami itu untuk bisa mencegah peningkatan angka kematian yang disebabkan penyakit jantung. Ini mimpi yang jadi kenyataan," ungkapnya. 

Saat ini ada sembilan pasien yang antre untuk ditangani. Keberadaan layanan operasi jantung ini membuat masyarakat tidak perlu ke daerah lain untuk berobat. 

"Dengan layanan ini, masyarakat jadi enggak perlu ke luar Tangerang lagi untuk operasi jantung, cukup di sini. Sekarang layanan kesehatan semua ada di Tangerang," jelas caleg DPR RI Dapil DKI Jakarta III.

Menurut data World Health Organization (WHO) 2021, kematian akibat penyakit jantung berjumlah 17,8 juta jiwa, menjadikannya penyakit berbahaya nomor satu di dunia.

Di Indonesia data Kemenkes 2023 mencatat angka kematian akibat penyakit jantung mencapai 650 ribu penduduk per tahun.

Oleh karenanya, layanan operasi jantung terbuka ini menjadi cerminan upaya nyata meningkatkan penanganan penyakit jantung di wilayah tersebut. 

Selama menjabat, Bang Zaki memang sangat fokus terhadap pembangunan kesehatan di Tangerang.

Buktinya ada 3 RSUD lain yang dibangun selama masa kepemimpinannya, yakni RSUD Balaraja, RSUD Pakuhaji, dan RSUD Tigaraksa.

Padahal, pemerintah daerah setiap kabupaten/kota diwajibkan untuk menyediakan rumah sakit sesuai kebutuhan masyarakat paling sedikit satu. 

Dia berharap ini bisa menjadi motivasi kabupaten lain untuk memberikan layanan kesehatan yang baik kepada masyarakat.

"Tangerang memiliki manajemen yang baik untuk kesehatan, setiap RSUD memiliki spesialisasinya sesuai kebutuhan masyarakat, seperti RSUD Tangerang untuk jantung, Pakuhaji penanganan virus, Balaraja untuk ortopedi dan Tigaraksa pusat darah. Semoga semua daerah bisa mencontohnya," terangnya. 

Sementara itu, Ketua Tim Pengampuan Jejaring Rujukan Kardiovaskular Hananto Andriantoro menuturkan bahwa Tangerang merupakan kabupaten ketiga yang telah melaksanakan bedah jantung.

Secara nasional, Provinsi Banten merupakan yang ke-21.

Adapun operasi jantung terbuka ini merupakan operasi yang menggunakan alat heart lung machine.

Operasi itu melakukan pembedahan yang dilakukan dengan membuka ruang jantung.

"Adanya layanan ini diharapkan dapat membantu mengurangi angka kematian akibat penyakit jantung di Indonesia," tutupnya. (esy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Siap Maju Pilkada DKI, Bang Zaki Punya Resep Jitu Atasi Sampah


Redaktur : Dedi Sofian
Reporter : Mesyia Muhammad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler