Rumah Gampang Bocor? Onduline Tawarkan Solusi Baru, Simak Nih

Jumat, 16 Juli 2021 – 03:01 WIB
Pelapis kedap air dari Onduline Indonesia. Foto: dok for jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Bocor dan rembes adalah masalah klasik pada musim hujan. Bukan hanya karena genteng retak, tetapi juga lantaran dinding tidak kedap dan sambungan kurang rapi sehingga tidak kuat menahan terpaan air.

Salah satu material yang bisa dipakai untuk memastikannya ialah waterproofing (pelapis antibocor).

BACA JUGA: Oppo Reno6 Meluncur di Indonesia Berbanderol Rp 5 Jutaan

Berkaitan dengan itu, produsen atap genteng bitumen Onduline dan Onduvilla, PT Onduline Indonesia meluncurkan produk pelapis kedap air (waterproofing) Onducoat PA, yang lebih kuat dan efektif.

Waterproof Onducoat PA berbahan dasar polyurethane akrilik yang memiliki kemampuan elastisitas atau melar memanjang (elongasi) hingga 400 persen.

BACA JUGA: Detik-Detik Polisi Kejar Kapal Sabirin dan Junaidi, Banyak Tembakan, Bak Film Hollywood, Tegang!

Dengan begitu, Onducat PA mampu melapisi struktur bangunan horizontal maupun vertikal, baik sebagai pelapis interior ataupun eksterior dengan daya rekat kuat. 

Kandungan polyurethane di dalamnya membuat Onducoat PA tahan retak, antijamur dan bakteri.

BACA JUGA: Onduline Indonesia Tawarkan Solusi Antibocor dengan Onducoat Bionic Fiber

Sifat material dasar seperti itu disengaja untuk memastikan lapisan waterproofing tetap melekat kuat pada bidang bangunan dan melindunginya dari rembesan.

Technical Manager PT Onduline Indonesia Stevanus Iwan Setiawan menjelaskan, untuk area dak beton yang terpapar langsung sinar matahari diharuskan terlapisi dengan pelapis kedap air yang memiliki elongasi tinggi. 

“Problemnya di Indonesia adalah orang mencari waterproofing jenis apa saja asalkan ada embel-embel ‘waterproof’, pasti dia beli. Padahal, kalau mau mencari produk waterproof harus tahu lebih dulu penggunaannya untuk yang terekspos matahari langsung atau tidak," imbuh dia dalam keterangan resmi, Jumat (16/7).

"Kalau iya, cari produk waterproofing yang memiliki elastisitas atau tingkat melar yang tinggi supaya tidak ada keretakan yang menyebabkan air masuk melalui serabut-serabut retakan itu."

Dengan elongasi lebih dari 400 persen, Stepanus memaastikan lapisan waterproof-nya tidak akan sobek atau pecah saat menahan pergerakan bangunan.

Onducoat PA juga cocok diaplikasikan untuk berbagai permukaan lainnya seperti planter box, dinding luar, pagar kayu, atap metal, genteng beton, genteng tanah liat, aspal, aluminium, polystyrene, plastik dan poliester.

Produk waterproof itu juga memiliki ketebalan 1 mm atau setara 1.000 mikron di setiap lapisnya. Untuk aplikasi dua lapis ketebalannya mencapai 2 mm. 

Cara penggunaannya sangat simpel. Pertama, permukaan harus rata, bersih dan kering dari segala macam kotoran, puing dan sejenisnya.

Lapiskan Onducoat PA langsung dengan kuas, rol atau alat semprot waterproofing tanpa perlu dicampur dengan serabut atau air.

Disarankan aplikasi 2-3 lapis dengan pengaplikasian berlawanan arah (tegak lurus). 

Produk tersedia dalam dua kemasan, yaitu kemasan kaleng  4 dan pail 18 kg seharga masing-masing Rp 336.800 dan Rp 1,17 juta dengan varian warna abu-abu dan putih.

Untuk kemasan 4 kg, Iwan mengklaim produknya bisa digunakan pada bidang lantai seluas 8-10 m2 atau 8-12 m2 untuk dinding untuk aplikasi 1 lapis.

Ukuran 18 kg mampu melapisi area lantai seluas 40-45 m2 atau dinding seluas 40-54 m2 (satu lapis).

“Khusus pembelian Onducoat PA pada 9 hingga 31 Juli 2021 di enam store Mitra 10, ), konsumen akan mendapatkan diskon harga 15 persen,” sambung Reissa Siregar, Marketing Communications Manager PT Onduline Indonesia dalam kesempatan sama.

Untuk enam jaringan Metro 10 tersebut yaitu Gading Serpong (Tangerang), Karawang dan Bogor (Jawa Barat), Harapan Indah dan Kalimalang Baru (Bekasi) dan Cibubur (Jakarta Timur). (rdo/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Bawa 3 Penumpang, Sherly Spontan Banting Setir Sigra, Brak! Bannya Sudah di Atas


Redaktur & Reporter : Rasyid Ridha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler