Runners, Simak Detail Pelaksanaan Soekarno Run 2024 di GBK, Hadiahnya Rp300 Juta

Minggu, 11 Agustus 2024 – 16:46 WIB
DPP PDIP dan Panitia Soekarno Run menggelar konferensi pers di Hotel Artotel, Jakarta, Minggu (11/8). Foto: PDIP

jpnn.com, JAKARTA - DPP PDI Perjuangan menggelar lomba Soekarno Run 2024 dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Kemerdekaan RI. Kegiatan tersebut dilaksanakan di kawasan Gelora Bung Karno pada 18 Agustus 2024.

Kegiatan Soekarno Run ini diadakan dengan mengambil spirit perjuangan dari Proklamator dan Presiden Pertama RI Bung Karno dengan tema ‘Berlari Di Atas Kaki Sendiri’.

BACA JUGA: Gelar Soekarno Run di Hari Kemerdekaan RI, PDIP Ajak Semua Pihak Berlari di Atas Kaki Sendiri

Ketua Race Management Soekarno Run Echa mengatakan pihaknya mencatat tingginya antusiasme masyarakat yang ingin ikut dalam event lari ini. Di mana, sebanyak 7.900 peserta mendaftar dan bakal berlari dalam Soekarno Run 2024.

“Jadi, kalau boleh cerita itu kemarin itu pendaftaran sejumlah 7.900 orang itu sold out dalam waktu kurang dari 7 hari. Itu luar biasa, sangat tinggi itu, ya. Belum pernah lomba sebanyak itu habis dalam waktu kurang dari seminggu,” kata Echa saat konferensi pers di Hotel Artotel, Senayan, Jakarta, Minggu (11/8).

BACA JUGA: Olimpiade Paris 2024: Tola Pecahkan Rekor Lari Maraton Putra, 2 Jam 6 Menit 26 Detik

Adapun, turut hadir dalam kesempatan itu Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto, Ketua DPP PDIP Bidang Olahraga dan Kepemudaan, Eriko Sotarduga serta kader muda PDIP.

Echa pun mengatakan Soekarno Run 2024 memperlombakan kategori 17 Km, 8 Km, dan 4.5 Km untuk umum dan master.

BACA JUGA: Olimpiade Paris 2024: Pemenang Lari 100m Putra Harus Ditentukan dengan Foto

Event lari ini dimulai pada pukul 06.10 WIB, 18 Agustus 2024, dengan start di Plaza Parkir Timur Senayan dan finish di lokasi yang sama.

Dia menjelaskan rute lari untuk peserta.

“Kita semuanya akan berlari menuju CFD, berputar di Semanggi dan kita akan berpisah di sebelum putaran Bundaran Senayan. Yang 4.5K akan memutar balik ke kanan, menuju balik ke finish. Yang 17K dari 8K akan belok kiri menuju flyover Antasari,” ujar Echa.

Dia mengatakan pihaknya rencananya akan menggunakan flyover Antasari untuk jadi rute panjangnya.

"Nanti, mereka akan berputar di ujung kembali lagi ke arah GBK,” sambung dia.

Dia juga menambahkan panitia akan mengerahkan manpower untuk mengover sejumlah 7.900 orang. Tentunya, dengan melibatkan pihak kepolisian, Dishub, hingga Satgas Partai.

“Kita akan memberdayakan sejumlah 400 marshal totalnya dan juga bantuan dari kepolisian dan instansi Dishub dan lain-lain itu sekitar 150 orang dan juga bantuan dari Satgas sendiri itu ada 150 orang kurang lebih,” jelasnya.

Sementara untuk cut off time Soekarno Run ini terdiri dari 17K selama 2,5 jam, 8K selama 2 jam, dan 4.5K selama 1,5 jam.

“Cut off time sendiri memang kita berlakukan ini sangat-sangat nyaman,” ungkapnya.

Dia menambahkan, untuk pengambilan race pack akan dilaksanakan pada 16-17 Agustus 2024 di MPG Space, SCBD, Jakarta Selatan mulai pukul 10.00-21.00 WIB.

Echa juga menjelaskan nantinya sebanyak 79 finisher dari seluruh kategori akan mendapat hadiah. Sementara, juara 1,2 dan 3 per masing-masing kategori termasuk kategori pria dan wanita akan naik ke podium.

“Yang jelas banyak yang bertanya teman-teman netizen terutama itu apakah semua akan dapat medali, semua finisher yang sesuai cut off time itu akan dapat medali,” terangnya.

Sementara itu, Ketua Event Soekarno Run Ilham mengatakan Soekarno Run ini akan memperebutkan total hadiah Rp300 juta.

Ilham menambahkan selain event Soekarno Run, pihaknya juga akan menggelar berbagai aneka perlombaan kemerdekaan kerakyatan serta bazar UMKM Lokal.

Bahkan, panitia Soekarno Run akan menghadirkan bintang tamu seperti group musik KPK dan Netral.

“Jadi, setelah finish itu banyak sekali nanti peserta pelari itu akan bisa ikut berbagai macam perlombaan kerakyatan ya. Itu ada banyak ada tarik tambang, ada panjat pinang, ada lomba kelereng, ada banyak-banyak sekali,” kata Ilham.

“Dan apa namanya berbagai juga stan UMKM lokal akan tersedia dan ada dua performance yang akan tampil itu ada KPK dan Netral,” pungkasnya. (tan/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ibnu Jamil Berbagi Tip Lari Tetap Fit di Malam Hari


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler