Rute IFG Labuan Bajo Marathon 2022 Suguhkan Tantangan, Apa itu?

Rabu, 21 September 2022 – 21:24 WIB
Ilustrasi IFG Labuan Bajo Marathon 2022. Foto: SC ifglabuanbajomarathon.com

jpnn.com - IFG Labuan Bajo Marathon 2022 bakal digelar 29 Oktober mendatang di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT). Ajang ini akan menyajikan rute yang menantang bagi para pelari yang ikut serta.

Marathon yang mengusung konsep sport tourism itu bukan sekadar lomba lari. Runner nantinya juga menikmati pemandangan alam yang indah di kawasan Labuan Bajo.

BACA JUGA: Demi Pertahankan Emas SEA Games, Timnas Basket Indonesia TC di Tempat Berlatih Pemain NBA

Ketua Panitia IFG Fitri Istanti menyebut berlari di IFG Labuan Bajo Marathon 2022 dapat menjadi capaian tertinggi seorang pelari saat berhasil menaklukkan kontur dan tantangan trek Labuan Bajo yang khas.

"Ajang ini adalah lomba jalan raya atau road race. Akan tetapi, topografi Labuan Bajo yang berbukit membuat konturnya sangat menantang," ucapnya, Rabu (21/9).

BACA JUGA: Indonesia Patriots Gelar Seleksi, 15 Pebasket Muda Terbaik Dikirim ke Amerika Serikat

Rute Half Marathon. Foto: IFG Labuan Bajo Marathon 2022

BACA JUGA: Datang dari Tim Guram, Bomber Inggris Ivan Toney Bertekad Tampil di Piala Dunia 2022

Di sektor pariwisata, Labuan Bajo merupakan destinasi super prioritas (DSP). Karena itu, peserta akan menikmati pemandangan bukit, lautan, dan kepulauan sekitar Labuan Bajo yang begitu memanjakan mata.

"Berlari dengan elevasi yang bervariasi, cuaca tropis, serta kontur berbukit, dikombinasikan dengan pemandangan laut, gugusan pulau, dan pesona savana akan membawa setiap peserta pada pengalaman yang berkesan dan tak pernah ada sebelumnya," ungkapnya.

Di sisi lain, pihak yang menyiapkan rute IFG Labuan Bajo Marathon 2022, Mesa Race membeberkan bahwa bahwa peserta nantinya akan measakan topografi berbukit khas Labuan Bajo di rute yang akan dilwati.

Dengan begitu, otomatis elevasi yang akan dilalui menjadi bervariasi di setiap kategori.

"Untuk kategori Full Marathon (42K), elevasi bahkan mencapai 500 meter di atas permukaan laut, sedangkan untuk kategori Half Marathon (21K), peserta harus menghadapi elevasi 364 meter di atas permukaan laut," tuturnya.

Rute 10 K. Foto: Dok. IFG Labuan Bajo Marathon  2022 

Sementara itu, untuk kategori 10K dan 5K masing-masing akan menghadapi elevasi sekitar 135 meter dan 73 meter di atas permukaan laut.

Untuk makin memberikan atmosfer yang luar biasa, peserta kategori 5K dan 10K juga akan melintasi perumahan warga Labuan Bajo.

Dengan rute tersebut, masyarakat setempat akan turut berpartisipasi langsung dengan menyambut dan memberikan semangat kepada setiap peserta sepanjang lomba berlangsung.

Di sisi lain, pihak panitia juga menyiapkan pentas seni dan budaya sebagai rangkaian acara IFG Labuan Bajo Marathon 2022. Pentas seni dan budaya dalam gelaran Labuan Bajo Cultural and Food Festival akan berpusat di Waterfront Kecamatan Komodo.

Festival tersebut bakal digelar selama dua malam, pada Jumat (28/10/2022) dan Sabtu (29/10/2022).

Rute marathon. Foto: Dok. IFG Labuan Bau Marathon 2022 

Bagi yang ingin berpartisipasi di Labuan Bajo, bisa mengakses tautan ifglabuanbajomarathon.com atau email di info@mesarace.com dan informasi terbaru bisa melihat di akun @ifglabuanbajomarathon di Instagram. (dkk/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... 7 Laga Terakhir Curacao Sebelum Melawan Timnas Indonesia, Banyak Menderita


Redaktur : Dhiya Muhammad El-Labib
Reporter : Muhammad Amjad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler