Saat AKBP Jeki Datangi Pasutri Disabilitas Kampanyekan Pemilu Damai, Suasana Suka Menyelimuti

Jumat, 29 Desember 2023 – 21:10 WIB
Tampak Pak Zulkarnain (mengenakan kaus garis-garis kuning) semringah saat berbincang dengan AKBP Jeki. Foto:Rizki Ganda Marito/JPNN.com.

jpnn.com, PEKANBARU - Kapolresta Pekanbaru AKBP Jeki Rahmat Mustika memberikan bantuan sosial dan menyosialisasikan program pemilu damai kepada pasangan suami istri (pasutri) penyandang disabilitas tunarungu.

Jeki sampai membawa ahli bahasa untuk menyampaikan pesan pemilu damai kepada Zulkarnain dan istrinya Rosita.

BACA JUGA: Kapolres Kuansing AKBP Pangucap Menyosialisasikan Pemilu Damai

Memang sejak bertugas di Polresta Pekanbaru, AKBP Jeki sudah memiliki tekad hendak menyampaikan pesan damai pemilu kepada masyarakat hingga kepada penyandang disabilitas.

Niat baik itu ditunaikan AKBP Jeki, pada Jumat (29/12). Dia tiba di rumah Zulkarnain pukul 15.16 WIB bersama Wakapolresta AKBP Henky Poerwanto, Kasat Reskrim Kompol Berry Juana, Kasat Narkoba Kompol Manapar Situmeang, dan Kasat Lantas Kompol Birgitta Atvina.

BACA JUGA: Relawan Prabowo Luncurkan Gerakan Moral Pemilu Damai Pemilih Pandai

Setibanya di rumah penyandang disabilitas itu, Jeki langsung menemui Zulkarnain dan istrinya yang tidak mengeluarkan sepatah kata pun.

Namun, tampak binar matanya memancarkan perasaan gembira dikunjungi oleh orang nomor satu di Polresta Pekanbaru itu.

BACA JUGA: Demi Pemilu Damai, Anak Buah AKBP Dody Wirawijaya Tempuh Jalan Berlumpur Hingga Banjir

"Bagaimana kabarnya bapak, ibu," tanya Jeki didampingi ahli bahasa isyarat yang membantu komunikasi keduanya.

Kedua pasutri spontan menjawab dengan bahasa isyarat dan menggerakkan kedua tangannya.

Lalu, Jeki mengajak pasutri itu berkomunikasi dibantu ahli bahasa isyarat, Dudung Burhanudin.

AKBP Jeki menyampakan pesan pemilu damai dengan sabar bersama ahli bahasa isyarat.

Perwakilan Bawaslu turut mendampingi Jeki ke rumah tersebut. Komunikasi dua arah dimulai saat Jeki menyampaikan soal sosialisasi Pemilu Damai dipandu Dudung.

Kehadiran Jeki direspons positif oleh Zulkarnain dan warga lain yang menyaksikan. Mereka mengaku siap untuk menyukseskan Pemilu Damai pada Februari 2024 mendatang.

Jeki dan anak buahnya juga memberikan paket bantuan sosial. Paket diberikan kepada Zulkarnain dan sejumlah warga yang memburuhkan di daerah Jalan Adi Sucipto Kecamatan Bukit Raya itu.

"Hari ini kami memberikan bantuan sosial untuk menunjang kebutuhan pokok warga," ucap Jeki.

Jeki menjelaskan Bawaslu yang hadir turut menjelaskan soal proses singkat tentang persiapan Pemilu. Bawaslu juga mendukung Polresta Pekanbaru dalam menyosialisasi Pemilu Damai pada 2024 mendatang di Pekanbaru.

"Kami datang bersama Bawaslu dan ahli bahasa isyarat juga untuk menyampaikan imbauan agar Pemilu Damai dapat sampai ke semua kalangan," terang Jeki.

Sementara itu, Dudung yang sejak awal mendampingi Jeki mengaku antusias warga cukup baik saat penyampaian sosialisasi. Dudung juga ikut menjelaskan proses dan tahapan saat mau datang ke TPS.

"Kami bersama kapolisian mencintai semua yang damai. Intinya kami tadi telah sosialisasi terkait Pemilu Damai, ada juga soal tahapan dan proses warga datang ke TPS. Semua pesan kami sampaikan pada warga yang memiliki keterbatasan," ujar Dudung. (mcr36/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Polres Inhu Buka Bengkel Pemilu Damai, Sediakan Servis Gratis Bagi Pemudik Nataru


Redaktur : Fathan Sinaga
Reporter : Rizki Ganda Marito

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler